Gelorakan Dakwah Kultural, MTC Gelar Mabit Akbar

Gelorakan Dakwah Kultural, MTC Gelar Mabit Akbar
Pelaksanaan Mabit MTC Kota Sorong

Terkini.id, Sorong – Sebagai upaya menggelorakan dakwah komunitas dan dakwah kultural, Madani Training Center (MTC) mengadakan Malam Bina Iman dan Takwa (MABIT).

Malam Bina Iman dan Takwa ini, diawali dengan shalat Isya berjamaah di Masjid Al- Fatih, Yayasan Al-Izzah, Kota Sorong. Selanjutnya dilaksanakan ceramah.

Kegiatan ini dihadiri jamaah lintas usia, profesi dan latar belakang etnis. Bertindak sebagai Imam Shalat Isya, Ustad Paria. Sedangkan pemateri Ustad Ahmad Sopian.

Ahmad Sopian yang juga Dosen Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong menyajikan materi dengan judul: “Tidak Imma’ah”. Dalam Bahasa milennial artinya “Jangan latah.”

Pemaparan materi, berlangsung di bawah guyuran hujan yang membasahi Kota Sorong. Walaupun demikian, tidak mengurangi antusiasme dan minat peserta.

Sementara itu, Ahmad Sopian dalam kajiannya mempresentasikan materi yang dimaksud “Imma’ah” baik secara pengertian bahasa dan istilah juga contoh-contohnya secara faktual di masyarakat.

Sebagai tambahan informasi, Madani Training Center, menurut Jumani, salah satu kordinatornya, didesain untuk merambah pasar dakwah milenial Kota Sorong.

Menurut Jumani, MTC sendiri berada di bawah payung besar Papua Madani Training Center. Sementara MTC Kota Sorong sendiri dipimpin dengan Ketua Umum Daeng Risabang. Beliau juga menjabat Direktur Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Al- Izzah.

Usai shalat subuh, Ketua Paguyuban Dakwah Kultural MTC Kota Sorong, Daeng Risabang, menyatakan, Paguyuban ini didesain sejak bulan November 2019.

Menurutnya, motif dari didesainnya lembaga ini adalah memperluas jangkauan dakwah, tanpa harus mendapatkan sekat-sekat madzhab, organisasi, aliran, dan lain-lain.

“Intinya, menargetkan sesuai latar belakang namanya agak milenial. Bisa menjangkau dakwah kultural secara umum. Khususnya pemberdayaan pelajar dan mahasiswa,” ujar Daeng Risabang yang saat wawancara didampingi Sekretaris MTC, Rizal, dosen di Universitas Muhammadiyah Sorong.

(Reporter Muhammad Adnan Firdaus)

Konten Bersponsor

Berita lainnya

IAIN Sorong Selenggarakan Seminar Nasional Rangkaian Perkuliahan Pascasarjana

Peduli pendidikan Papua Barat, Syaiful Maliki Arief Kunjungi SMU Muhammadiyah Sorong

HMI Badko Sulselbar Selenggarakan Panel Alumni HMI Lulusan Luar Negeri, Disertai Kader Papua Barat

Pascasarjana IAIN Sorong Sertakan Dua Pemakalah Pada Panel Ilmuwan Muda ICEE 2020

Dua Makalah Mahasiswa Pascasarjana IAIN Sorong Dipresentasikan Dalam ICEE 2020

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar