Presidium KAHMI Sorong Sertai Temu Tokoh dan Dialog Keumatan

Presidium KAHMI Sorong Sertai Temu Tokoh dan Dialog Keumatan
KAHMI Kota Sorong Bersama Peserta dan Nara Sumber Temu Tokoh (Koleksi Sorong Terkini)

Terkini.id, Sorong – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Sorong menggelar Temu Tokoh dan Dialog Keumatan di Universitas Muhammadiyah Sorong, Senin, 9 Maret 2020, turut dihadiri oleh KH. Kholil Nafis.

Acara diprakarsai MUI Kota Sorong yang dihadiri oleh para tokoh dari  berbagai kalangan baik itu ormas, politisi, mubaligh, dan akademisi di Kota Sorong.

Acara yang diadakan di kampus UMS itu dimoderatori oleh Kariyadi, dan dibuka oleh Ketua MUI Sorong dengan menjelaskan kondisi keumatan di kota Sorong.

KH. Kholil Nafis, pada kesempatan itu menjelaskan tentang pentingnya persatuan antar ormas Islam. 

Bahwa negara Indonesia ini berdiri dengan ditopang oleh dua ormas besar yaitu Muhammadiyah dan NU. Jika kedua ormas ini tidak rukun, maka negara kita akan goyah.

Demikian juga di politik, negara kita ditopang oleh dua ideologi besar yaitu nasionalis dan religius. Jika kedua ideologi ini bentrok maka negara kita akan runtuh.

Beliau juga banyak menjelaskan tentang kiprah sikap MUI sebagai penengah dalam menyikapi permasalahan bangsa.

Beliau juga meluruskan tentang berbagai issue dan hoax yg beredar di masyarakat yang semakin marak ketika terjadi pertentangan ideologi lewat kontestasi pilkada maupun pilpres, namun dengan berakhirnya momen pilkada dan pilpres isu-isu itu semakin rendah.

Pada kesempatan tanya jawab para tokoh yang hadir banyak membahas menyoal permasalahan yang terjadi di tingkat nasional.

Keluarga Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) mengapresiasi pelaksanaan acara tersebut dan berharap acara dialog keumatan ini bisa dilaksanakan secara rutin di Kota Sorong.

Syaiful Maliki Arief sebagai Presidium KAHMI kota Sorong, yang juga saat ini menjabat anggota DPR Provinsi Papua Barat. Ia memberikan pendapatnya.

“Sebab dengan terjadinya dialog maka bisa meluruskan kesalahpahaman yang terjadi di kalangan umat yang disebabkan arus informasi yg beredar terutama berita palsu”, kata Syaiful.

Selanjutnya, Syaiful mengemukakan bahwa kadang kala ada yang mengatasnamakan tokoh tertentu tapi sebenarnya isinya jauh dari pernyataannya.

Diharapkan dialog keumatan ini juga nantinya bisa diarahkan untuk  menghasilkan agenda besar keumatan di Kota Sorong.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

IAIN Sorong Selenggarakan Seminar Nasional Rangkaian Perkuliahan Pascasarjana

Peduli pendidikan Papua Barat, Syaiful Maliki Arief Kunjungi SMU Muhammadiyah Sorong

HMI Badko Sulselbar Selenggarakan Panel Alumni HMI Lulusan Luar Negeri, Disertai Kader Papua Barat

Pascasarjana IAIN Sorong Sertakan Dua Pemakalah Pada Panel Ilmuwan Muda ICEE 2020

Dua Makalah Mahasiswa Pascasarjana IAIN Sorong Dipresentasikan Dalam ICEE 2020

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar