Menyambut UAMBN-BK, MTs MUTU Kota Sorong Finalisasi Persiapan

Menyambut UAMBN-BK, MTs MUTU Kota Sorong Finalisasi Persiapan
Ruangan untuk Ujian Nasional (Koleksi Sorong Terkini)

Terkini.id, Sorong – Mengacu pada surat dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional-Berbasis Komputer (UAMBN-BK) Utama Madrasah Tsanawiyah akan dilaksanakan Senin, 16 Maret 2020 hingga Rabu, 18 Maret 2020.

MTs Muhammadiyah (MUTU) 1 Kota Sorong di Jl. Pendidikan, KM.8. Lorong 2 (Tugu Seneboy). Hari ini, Sabtu, 14 Maret 2020, melakukan finalisasi persiapan ujian.

Kegiatan yang dilakukan dalam tahap finalisasi ini meliputi pengecekan kembali seluruh komputer baik komputer server maupun komputer client yang akan digunakan ketika pelaksanaan ujian.

Termasuk, uji coba genset untuk mengatasi kemungkinan terjadi pemadaman listrik, serta membersihan ruangan Lab. Komputer, dan pengecekan stabilitas jaringan.

Mata pelajaran yang akan diujikan pada UAMBN-BK mendatang meliputi pelajaran agama yaitu, Al-Quran Hadits, Fikih, dan Sejarah Kebudayaan Islam.

Ujian akan selama tiga hari berturut-turut. Agar tercipta suasana ujian yang kondusif siswa-siswi kelas tujuh dan delapan diliburkan.

Pada pelaksanaan ujian UAMBN-BK akan dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama akan dimulai dari 07.30 – 09.00. adapun sesi kedua dimulai dari pukul 09.30 – 11.00.

Tahun sebelumnya pelaksanaan UAMBN-BK dilaksanakan dengan cara menumpang di Lab. Komputer MAN MODEL.

Namun tahun ini pelaksanaan UAMBN-BK secara perdana dilakukan di lingkungan madrasah sendiri.

Kepala Madrasah, Kurniawati Shalihah menyampaikan bahwa “pelaksanaan UAMBN-BK kali ini kami laksanakan di madrasah sendiri, sebab tahun-tahun sebelumnya masih bergabung di MAN MODEL tahun lalu.”

“Tentunya membutuhkan biaya yang banyak. Namun pada tahun ini kami beranikan diri untuk melakukan secara mandiri,” tuturnya.

“Harapannya pelaksanaan ujian berbasis komputer ini tidak hanya sampai pada ujian-ujian nasional saja. Tapi akan kami coba pula pada ujian-ujian di tingkat madrasah seperti ujian semester dan lagi sebagainya,” ucapnya sambil mengecek server ujian di dalam laboratorium komputer.

Cicip Dwi Cahyani, Proktor ujian, mengatakan bahwa “hari ini telah mencapai 100 persen persiapan ujian UAMBN-BK tinggal menunggu waktu pelaksanaannya saja,” tuturnya.

“Tahap demi tahap persiapan telah kami lakukan baik itu yang berkaitan dengan pengecekan komputer client hingga instalasi jaringan komputer telah kami lakukan pula,” urai Cicip tentang kesiapan pelaksanaan ujian.

(Reporter Ruslan Rasid & Hilman Djafar)

Konten Bersponsor

Berita lainnya

IAIN Sorong Selenggarakan Seminar Nasional Rangkaian Perkuliahan Pascasarjana

Peduli pendidikan Papua Barat, Syaiful Maliki Arief Kunjungi SMU Muhammadiyah Sorong

HMI Badko Sulselbar Selenggarakan Panel Alumni HMI Lulusan Luar Negeri, Disertai Kader Papua Barat

Pascasarjana IAIN Sorong Sertakan Dua Pemakalah Pada Panel Ilmuwan Muda ICEE 2020

Dua Makalah Mahasiswa Pascasarjana IAIN Sorong Dipresentasikan Dalam ICEE 2020

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar