PB IKAMI Sulsel Sampaikan Selamat atas Alih Status IAIN Sorong

PB IKAMI Sulsel Sampaikan Selamat atas Alih Status IAIN Sorong
Ketua Umum PB IKAMI Sulsel (Koleksi Sorong Terkini)

Terkini.id, Sorong – Rahmat Al Kafy, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Kekeluargaan Mahasiswa/Pelajar Indonesia Sulawesi Selatan (IKAMI Sulsel) menyampaikan selamat atas alih status IAIN Sorong.

“Tidak kurang 50-an mahasiswa yang merupakan anggota IKAMI Sulsel melalui IKAMI Cabang Kabupaten Sorong, merupakan mahasiswa IAIN Sorong,” kata Rahmat, di Jakarta ketika ditemui kontributor Sorong Terkini.

“IKAMI bersyukur kehadiran IAIN Sorong. Ini menjadi institusi untuk mendorong pengembangan sumber daya manusia di Papua,” tutur Rahmat.

Dengan terbitnya Peraturan Presiden (PERPRES), maka STAIN Sorong sejak 28 Februari menjadi IAIN Sorong.

Sebagaimana pendirian awal sebagai STAIN Sorong pada tahun 2006, melalui PERPRES juga IAIN Sorong terbentuk.

Rahmat yang juga alumni Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), mengapresiasi adanya lembaga pendidikan tinggi keagamaan yang dibangun pemerintah di Papua.

“Ini merupakan bukti bahwa usaha mencerdaskan kehidupan bangsa, diusahakan dengan merata. Tidak terpusat hanya di satu pulau saja,” respon Rahmat mencermati pembangunan pendidikan keagamaan.

Rahmat memandang bahwa sudah ada kemitraan strategis antara IKAMI Sulsel dengan IAIN Sorong.

Ini dapat dilihat dengan berjalannya program-program bersama antara dua institusi.

Anggota IKAMI merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari mahasiswa IAIN Sorong.

“STAIN Sorong ketika itu, konsisten untuk mendukung pelaksanaan kegiatan-kegiatan IKAMI Sulsel,” demikian apresiasi Rahmat.

“Bahkan dalam kegiatan IKAMI Sulsel Cabang Kabupaten Sorong, IAIN Sorong memberikan keleluasaan penggunaan gedung dan sarana lainnya,” kata Rahmat dalam menunjukkan sinergi antara IAIN Sorong dengan IKAMI Sulsel.

“Kami berharap sinergitas dan kolaborasi yang sudah ada selama ini dapat terjalin dalam kesempatan-kesempatan berikutnya,” respon Rahmat terkait dengan program-program IKAMI Sulsel dengan IAIN Sorong.

IAIN Sorong juga mengelola Pendidikan pascasarjana dengan program studi Pendidikan agama Islam. Sejak 2015, STAIN Sorong sudah mendapatkan izin untuk mengelola pascasarjana.

“Dengan adanya pascasarjana ini, anggota IKAMI Sulsel memiliki kesempatan untuk menempuh Pendidikan secara leluasa dengan pilihan yang beragam,” kata Rahmat.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Tes Covid-19 bagi Anggota DPR RI, Ini Penjelasan Wakil Ketua Komisi IX

Ancaman Kurungan bagi Warga Sorong, Jika Masih Berkerumun

STIE Amkop Jalin Kerjasama dengan Perguruan Tinggi Papua

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar