MUI Kota Sorong Antisipasi Pandemi Covid-19
Komentar

MUI Kota Sorong Antisipasi Pandemi Covid-19

Komentar

Terkini.id, Sorong – komunikasi dengan umat dan semua kalangan dilakukan secara intensif Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Sorong.

Melalui surat edaran, MUI memberikan penjelasan terhadap antisipasi Covid-19.

Surat yang bernomor 12, tertanggal 16 Maret 2020 ditandatangani Ketua Umum MUI Kota Sorong, H Abd Manan Fakaubun.

Bersama dengan Sekretaris Umum MUI Kota Sorong, Agung Sibela.

“Merasa perlu untuk memberikan arahan bagi elemen bangsa khususnya umat Islam Kota Sorong adanya ikhtiar dalam upaya penanganan wabah,” demikian disampaikan Ustadz Agung Sibela, Sekretaris Umum MUI Kota Sorong.

Ikhtiar secara personal maupung berjamaah sebagai harapan untuk mencegah penyebaran wabah.

“Ini untuk usaha untuk meminimalisir laju penyebaran wabah Korona, mulai dari lingkungan termasuk wilayah masjid,” tegas Ustadz Agung.

Masjid merupakan tempat yang sakral bagi umat Islam, sehingga perlu penanganan tertentu.

Tidak saja, terkait dengan kebersihan tetapi juga kenyamanan beribadah.

Untuk itu, Majelis Ulama Indonesia Kota Sorong berupaya untuk tetap mengingatkan masyarakat muslim Kota Sorong agar menjaga kebersihan masjid.

Pada saat yang sama, dalam himbauan tersebut untuk menjaga ibadah dan berjamaah.

“Bagi warga yang sementara mengalami gejalan demam, flu, dan batuk, dihimbau untuk tetap berada di rumah,” jelas Ustadz Agung.

“Sementara yang sehat, sedapat mungkin untuk tetap menjaga ibadahnya, sekaligus juga mempertahankan kebersihan diri dan lingkungan,” tutur Ustadz Agung kepada kontributor Sorong Terkini.

Masjid agar menjaga kebersihan masjid dengan memperhatikan kebersihan lantai baik sebelum dan setelah shalat.

“Memakmurkan masjid adalah tugas setiap individu muslim, sehingga perlu tetap memperhatikan bagian ini dengan tidak meninggalkan kewaspadaan akan penyakit,” himbau MUI Kota Sorong.

Bagian akhir surat juga mengemukakan perlunya persatuan untuk menghindari berita-berita palsu yang menjadi tantangan tersendiri.

“Perlu adanya kerjasama dan koordinasi dalam penanganan wabah ini, sehingga masyarakat mendapatkan informasi yang kredibel dan dari sumber yang tepat,” jelas MUI Kota Sorong.