Akademisi ITB, Penyebaran Korona Diprediksi Berakhir Sebelum Ramadhan
Komentar

Akademisi ITB, Penyebaran Korona Diprediksi Berakhir Sebelum Ramadhan

Komentar

Terkini.id, Sorong – Menggunakan pemodelan Richard’s Curve, Dr. Nuning Nuraini, dosen Program Studi Matematika Institut Teknologi Bandung.

Data yang digunakan untuk melakukan prediksi adalah data semasa, sebagaimana rilis penelitian, Sabtu 21 Maret 2020.

Tim penelitian dibimbing Prof. Kuntjoro A Sidarto. Dengan anggota tim Kamal Khairudin S dan Mochamad Apri.

Kajian yang dilaksanakan Pusat Pemodelan Matematika dan Simulasi (P2MS) Institut Teknologi Bandung (ITB) menyimpulkan bahwa penyebaran virus Korona akan berakhir pada pertengahan April 2020.

Puncak penyebaran Korona akan terjadi pada akhir Maret. Dengan demikian, perlahan di awal April akan semakin menurun dan pada akhirnya akan semakin mengecil sebelum datangnya Ramadhan.

Sementara ini, dengan adanya pengalihan pembelajaran ke rumah, dan juga bekerja dari rumah, keduanya bisa meredam penyebaran Korona.

Ketika datangnya Ramadhan, 24 April 2020, penyebaran Korona sudah mereda. Sementara ini, maret masih terjadi penambahan pasien yang terkonfirmasi positif.

“Bisa jadi bergeser menjadi pekan kedua atau ketiga di April,” kata Nuning, ketua tim peneliti.

Nuning menyatakan “tentu perlu dicatat, ini adalah hasil pemodelan dengan satu model yang saya rasa ‘cukup sederhana’ dan sama sekali tidak mengikutkan faktor-faktor yang kompleksitasnya tinggi,” sebagaimana dipublikasikan di laman ITB.

Penelitian yang dilaksanakan ini untuk menjawab pertanyaan bagaimana penyebaran Korona. Penelitian menjawabnya melalui suatu model matematika sederhana.

Penggunaan pemodelan Richard’s Curve, sudah digunakan untuk memprediksi penyebaran SARS di Hong Kong.

Pada saat itu, dapat dijawab pertanyaan tentang penyebaran SARS untuk Hong Kong. Sehingga bisa dijadikan sebagai bahan dalam memutuskan kebijakan.

Nuning beserta tim penelitinya secara konsisten meneliti penyebaran penyakit. Seperti penyakit demam berdarah, dan kaitan antara penyebaran penyakit dengan nyamuk.