MDMC Kota Sorong Bersama Universitas Muhammadiyah Sorong Semprotkan Disinfektan di 25 Tempat
Komentar

MDMC Kota Sorong Bersama Universitas Muhammadiyah Sorong Semprotkan Disinfektan di 25 Tempat

Komentar

Terkini.id, Sorong – Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kota Sorong yang dipimpin Hamdani Tukloy Bersama dengan Universitas Muhammadiyah melakukan pencegahan wabah covid-19.

Rektor Universitas Muhammadiyah Sorong, Dr. Hermanto Suaib mengemukakan bahwa ini menjadi tanggungjawab Universitas Muhammadiyah Sorong sebagai bentuk pengabdian masyarakat.

“Ketika wabah ini merebak, tidak ada pilihan bagi Universitas Muhammadiyah Sorong kecuali Bersama-sama dengan masyarakat untuk mencegah wabah ini,” kata Dr. Hermanto.

Salah satu aksi yang dilakukan sejak Selasa 24 Maret 2020 adalah penyemprotan disinpektan ke pelbagai lokasi.

Baik lokasi amal usaha Muhammadiyah, juga pada fasilitas umum dan tempat ibadah. Bukan saja masjid, tetapi juga gereja.

Baca Juga

Sampai Jumat 27 Maret 2020, sudah tercapai 25 lokasi penyemprotan. Diantaranya gereja Advent. Begitu pula sekolah-sekolah yang dikelola Advent, mulai dari taman kanak-kanak, sampai pada SMA.

Universitas Muhammadiyah Sorong membentuk tim relawan dan menggandeng MDMC untuk melakukan pencegahan wabah Korona di Kota Sorong, Minggu 22 Maret 2020.

Dua hari setelah pembentukan Relawan Kemanusiaan Universitas Muhammadiyah Sorong (ReKanMu Sorong) dilakukan penyamaan persepsi, dan orientasi para relawan bertempat di rektorat Universitas Muhammadiyah Sorong.

ReKanMu selanjutnya bergerak Bersama dengan MDMC melakukan inventarisasi tempat-tempat yang menjadi fasilitas umum, dan juga memberikan dukungan bagi pembersihan masjid.

Kegiatan penyemprotan disinpektan merupakan kegiatan pencegahan. Sekaligus menyebarluaskan informasi tentang Covid-19.

Begitu pula dengan menempelkan stiker sebagai bentuk sosialisasi untuk menyebarluaskan informasi ke masyarakat.

Adapun pembiayaan dan dukungan bahan-bahan untuk penyemprotan disiapkan oleh Universitas Muhammadiyah Sorong.

Sebanyak 100 jergen dengan ukuran masing-masing 5 liter disiapakn selama proses penyemprotan. Tim ReKanMu bekerja cepat, berpacu dengan penyebaran wabah.

“Walaupun libur Nyepi, tim ReKanMu tetap bekerja supaya bisa membantu masyarakat dalam menghindari penyebaran wabah,” rilis Dekan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sorong, Irman Amri.

Sementara MDMC mendukung dari segi alat dan tenaga dalam melaksanakan program penyemprotan.