Pencegahan Korona, Masyarakat Sorong Bersatu dalam Aksi

Pencegahan Korona, Masyarakat Sorong Bersatu dalam Aksi
Pemandangan Kota Sorong (Koleksi Sorong Terkini)

Terkini.id, Sorong – Sejak Korona mewabah, masyarakat Sorong bersama dengan pemerintah berusaha untuk mencegah penularan wabah.

Sosialisasi dilakukan sejak awal. Pemerintah kota Sorong melakukan sosialisasi dengan menerbitkan surat himbauan.

Satuan tugas Covid-19 dibentuk dengan keanggotaan lintas sektoral sekota Sorong. Juru bicara satgas mengadakan pemutakhiran data setiap hari ke media.

Begitu pula Majelis Ulama Indonesia Kota Sorong, secara aktif melakukan sosialisasi berupa himbauan dan juga pertemuan untuk penyamaan persepsi.

Pelaksanaan salat Jumat dilaksanakan di beberapa lokasi masjid. Hanya saja, setelah konfirmasi pasien dalam pengawasan dengan status positif, maka masjid-masjid di daerah terdekat dengan kediaman pasien ditutup untuk sementara.

Perguruan tinggi, Universitas Muhammadiyah Sorong membentuk relawan. Bersama dengan Muhammadiyah Disaster Management Centre (MDMC) melakukan penyemprotan di fasilitas umum.

Termasuk sekolah dan juga gereja. Dimulai dari amal usaha Muhammadiyah, dan juga kantor Pimpinan Daerah Muhammadiyah kota Sorong.

Universitas Muhammadiyah Sorong menyediakan alat-alat, sementara tenaga didukung Pemuda Muhammadiyah dan tim kerja MDMC.

Partai politik seperti Partai Keadilan Sejahtera, dan juga Partai Golongan Karya, bersama masyarakat melakukan penyemprotan disinfektan dan juga pembersihan rumah ibadah.

Termasuk mendukung penyediaan alat pelindung diri bagi tenaga kesehatan. Serta vitamin, untuk mendukung kelancaran kerja bagi pekerja di rumah sakit.

Ketua DPD PKS Kota Sorong, Syaiful Maliki, bertindak langsung sebagai ketua satgas di lingkungan PKS Kota Sorong.

Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong juga berpartisipasi dengan menyebarluaskan informasi tentang pencegahan wabah.

Dosen-dosen pascasarjana IAIN Sorong berperan aktif dengan menuliskan artikel sesuai dengan kepakaran masing-masing untuk menjelaskan fenomena wabah yang sementara terjadi.

Termasuk lazis seperti Yakesma Sorong membentuk Yakesma Tanggap Korona (YTK). Lembaga amil zakat ini mendistribusikan bantuan bagi dhuafa dan juga kalangan miskin kota yang menghadapi masalah sebagai dampak dari wabah Korona.

Kesemuanya, menjadi sinergi komponen masyarakat Sorong untuk turut mencegah meluasnya wabah Covid-19.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

IAIN Sorong Selenggarakan Seminar Nasional Rangkaian Perkuliahan Pascasarjana

Peduli pendidikan Papua Barat, Syaiful Maliki Arief Kunjungi SMU Muhammadiyah Sorong

HMI Badko Sulselbar Selenggarakan Panel Alumni HMI Lulusan Luar Negeri, Disertai Kader Papua Barat

Pascasarjana IAIN Sorong Sertakan Dua Pemakalah Pada Panel Ilmuwan Muda ICEE 2020

Dua Makalah Mahasiswa Pascasarjana IAIN Sorong Dipresentasikan Dalam ICEE 2020

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar