Korona Membangkitkan Persatuan Bukan Kebersamaan

Korona Membangkitkan Persatuan Bukan Kebersamaan
Gedung IAIN Sorong (Koleksi Sorong Terkini)

Dr. Sudirman
Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong

Langkah antisipasi yang dilakukan oleh pemerintah dengan melakukan social distancing dan phishyical distancing agar penyebarannya tidak meluas sesalu disosialisasikan bahkan dibeberapa daerah telah dilakukan penjagaan oleh aparat keamanan.

Hal serupa disusul oleh langkah partisipatif oleh masyarakat yang sadar terhadap bahaya ancaman virus covid tersebut dengan menetap di kediaman masing-masing atau bahasa familiarnya saat ini lockdown.

Permasalahan yang muncul kemudian adalah dengan lockdown di rumah berhari-hari membuat bahan logistik masyarakat semakin menipis. Kebutuhan dasar yang semakin hari semakin mahal serta langkah membuat keresahan baru bagi masyarakat.

Pelbagai keluhan sering terpampang di media sosial serta pembicaraan langsung masyarakat.

Dampak serupa terjadi di Kota Sorong. Sejak adanya hasil positif masyarakat Sorong yang meninggal terjangkit Covid-19 menjadikan sikap tegas bagi satgas penanggulangan Covid-19 Kota Sorong dengan menutup bandara DEO sejak 30 Maret s.d. 10 April 2020.

Hal serupa penanggulangan dilakukan oleh beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat, instansi, serta kelompok masyarakat lainnya dalam membendung penyebaran Virus Corona ini.

Termasuk langkah antisipatif dan antusias yang dilakukan oleh IAIN Sorong. IAIN Sorong pun ingin menunjukkan eksistensinya sebagai lembaga pendidikan yang peduli terhadap penanggulangan covid-19 dengan membentuk satgas covid-19 STAIN Sorong.

Dengan berdasar pada beberapa regulasi dan edaran sehingga membangkitkan semangat kepada setiap civitas akademika untuk berdonasi.

Adapun manfaat dari donasi ini kan didistribusikan baik dalam penggulangan covid-19 di internal kampus IAIN Sorong begitu juga kepada masyarakat di Kota dan kabupaten Sorong.

Langkah seperti ini harus menjadi motivasi saat ini meskipun tidak bersama dalam satu tempat karena memang dilarang bersama namun bersatu dalam penanggulangan seperti berdonasi adalah langkah yang tepat.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Akhir Ramadhan dalam Perjuangan dan Solidaritas, Melewati Wabah Covid-19

Patologi Sosial Dalam Pandemi

Bahaya Lain Covid-19

Covid-19, Pandangan dari Kaca Mata Antropologi

Virus Corona Pasti Berlalu

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar