IMM Kota Sorong Dukung Upaya Pemerintah Menangani Pandemi Covid-19 Dengan Transparansi Anggaran

IMM Kota Sorong Dukung Upaya Pemerintah Menangani Pandemi Covid-19 Dengan Transparansi Anggaran
IMM Kota Sorong (Koleksi Sorong Terkini)

Terkini.id, Sorong – Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Sorong menyampaikan siaran pers ke Soron Terkini, Sabtu 11 April 2020 terkait penanganan pandemic Covid-19.

Jenro P. Sijabat, Ketua Umum Pimpinan Cabang IMM Kota Sorong memulai dengan menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya akibat begitu banyaknya nyawa yang melayang akibat dari pandemi Covid-19.

Selanjutnya, IMM Kota Sorong menyampaikan penghargaan yang setinggi-tinggi kepada tenaga medis yang berjibaku di garda paling terdepan untuk menyembuhkan warga yang terpapar Covid19.

Begitu pula IMM Kota Sorong mengapresiasi pemerintah mulai dari pusat sampai ke daerah ,organisasi sosial masyarakat yang saling mendukung untuk bergerak bersama memutus mata rantai Pandemi Covid-19.

IMM Kota Sorong memandang terjadi kepanikan ditengah masyarakat dunia sampai dengan kita yang berada di ujung timur Indonesia, Tanah Papua.

“Acara perkawinan yang biasanya ramai tiba-tiba berubah menjadi sangat menyedihkan, sebab sepi. Acara ngumpul-ngumpul dan traktiran anak muda di kafe – kafe dengan menikmati secangkir kopi pun harus ditiadakan,” pungkas Jenro.

Kemudian IMM Kota Sorong menegaskan bahwa terlepas dari kondisi dan situasi yang terjadi kami dari IMM Kota Sorong punya kajian tersendiri untuk dipublis guna menjadi sorotan dan keprihatinan bersama semua anak bangsa.

IMM Kota Sorong menyatakan beberapa hal, yaitu PC IMM Kota Sorong sejak jauh hari begitu terjadi bencana banjir besar yang melanda Jakarta, Tanggerang, Depok, Bekasi awal tahun 2020 disusul bencana alam lainnya.

IMM Kota Sorong telah menyerukan kepada Pemerintah daerah mulai dari Provinsi sampai kabupaten dan terkhusus Kota Sorong untuk menyiapkan anggaran tanggap darurat bencana. Mewabahnya Pandemi Covid-19 kami menilai sebagai suatu kejadian luar biasa atau bencana kemanusian yang telah menelan Ratusan Ribu Korban Jiwa.

Kedua, PC IMM Kota Sorong selalu mencermati setiap menit perkembangan pandemi Covid -19 di seluruh belahan dunia hingga ke daerah yang kita cintai bersama melalui media massa baik cetak, elektronik, online dan websait resmi yang mengupdate perkembangan terbaru.

Dimana sampai dengan ini, diseluruh dunia jumlah mereka yang terpapar Covid-19 sudah melebihi angka 1 juta jiwa. Di Indonesia sendiri penderita Covid-19 sudah mencapai 3 ribu jiwa.

Ketiga, PC IMM Kota Sorong mendukung upaya dan kebijakan yang diambil oleh Pemerintah mulai dari Pusat sampai di daerah dengan melakukan physical distancing yang mengarah kepada karantina wilayah untuk memutus mata rantai penularan Pandemi Covid -19.

Keempat, PC IMM Kota Sorong juga menyadari akibat dari wabah Covid-19 dan kebijakan physical distancing atau karantina wilayah telah membuat eknomi masyarakat menjadi terganggu bahkan cenderung sulit hingga, istilah kita di Papua, dapur tak lagi berasap. Kondisi tersebut, secara tidak langsung telah menjadi dampak Pandemi Covid-19.

Hanya saja, dalam pengamatan IMM Kota Sorong, terkait transparansi anggaran tanggap darurat bencana. Pemerintah hanya memutakhirkan data dan instruksi tentang Pandemi Covid-19.

Untuk itu, PC IMM Kota Sorong meminta Pemerintah Provinsi dan Kota Sorong secara trasparan menyampaikan pula berapa Anggaran yang telah digelontorkan disertai dengan rinciannya.

Adapun anggaran penanganan wabah Covid-19 senilai Rp2 Miliar yang disiapkan berjumlah fantastis. Hanya saja, sampai saat ini, masyarakat belum tahu, rincian pengunaannya. IMM Kota Sorong berpendapat anggaran yang digunakan adalah milik rakyat, maka tentu saja rakyat harus tahu, untuk itu rakyat seharusnya mengetahui bagaimana anggaran rakyat digunakan.

Sebagai penutup pernyataan pers, IMM Kota Sorong meminta transparansi anggaran harus pula selaras dimutakhirkan Bersama dengan update orang yang terpapar Covid-19 kepada Publik agar masyarakat tahu berapa anggaran rakyat yang dipakai dan untuk apa saja.

“Transparansi ditengah keadaan darurat menjadi barometer sudah sejauh mana langkah yang diambil pemerintah untuk menangani wabah Covid-19”, tutup Jenro.

(Reporter Muhammad Adnan Firdaus)

Konten Bersponsor

Berita lainnya

IAIN Sorong Selenggarakan Seminar Nasional Rangkaian Perkuliahan Pascasarjana

Peduli pendidikan Papua Barat, Syaiful Maliki Arief Kunjungi SMU Muhammadiyah Sorong

HMI Badko Sulselbar Selenggarakan Panel Alumni HMI Lulusan Luar Negeri, Disertai Kader Papua Barat

Pascasarjana IAIN Sorong Sertakan Dua Pemakalah Pada Panel Ilmuwan Muda ICEE 2020

Dua Makalah Mahasiswa Pascasarjana IAIN Sorong Dipresentasikan Dalam ICEE 2020

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar