Ini Masjid di Kota Sorong yang Peduli Lingkungan, Kas Masjid 0 Rupiah

At Taubah, Ini Masjid yang Peduli Lingkungan Sekitar dengan Saldo 0 Rupiah
Satgas Penaggulangan Wabah Covid-19 Masjid At-Taubah Sorong (Koleksi Sorong Terkini)

Terkini.id, Sorong – Menanggulangi dampak penyebaran wabah Covid-19, Badan Kemakmuran Masjid (BKM) At-Taubah bergerak dengan melakukan kegiatan pembagian sembako bagi warga yang terdampak di lingkungan sekitaran Masjid.

Joko Rustyono, Ketua BKM At-Taubah menerangkan kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian dan pelayanan kepada jamaah serta warga yang bulan-bulan ini merasakan sebuah penderitaan dan beban hidup yang sama-sama dirasakan yaitu wabah Covid-19.

“Kami berupaya memfasilitasi dan mengeluarkan apa yang selama ini jamaah berikan kepada kita dan kita kembalikan lagi kepada mereka dalam bentuk bantuan paket sembako yang terdiri dari 499 paket,” jelas Mas Joko.

Paket tersebut, disalurkan kepada 8 RT dan 2 RW, yang menerima juga beragam lintas suku serta lintas agama, Minggu 19 April 2020.

Mas Joko menambahkan dananya diambil pertama, melalui kas masjid. Kas masjid At-Taubah pada tanggal 16 April, sebesar Rp0.

Kedua, menghimpun dan mensosialisasi kepada yang kaya untuk saling berbagi dan saling merasakan. Ketiga, melalui medsos.

Tujuan dibentuknya posko satgas covid-19 ini adalah membantu warga yang memiliki keluhan terkait Covid. Kemudian bekerjasama dengan satgas covid di Kota Sorong sendiri untuk memberikan laporan dan data.

Juga kegiatan penyemprotan disinfektan di setiap masing-masing RT RW, dan pembagian paket sembako untuk masyarakat.

“Posko ini dibentuk sesuai arahan DPD MUI Kota Sorong, yaitu arahan agar setiap masjid membuat posko. Bahkan kita disupport oleh babimsa Sorong Utara dan babim kamtibmas se-kelurahan Klagete,” ujarnya.

Dirinya berpesan kepada masyarakat, karena ini ujian dari Allah, maka bersabar, taati himbauan pemerintah, taati himbauan dari tim medis yang mereka lebih berkompeten, physical distancing, mencuci tangan menggunakan sabun, memakai masker.

“Taati juga himbauan dari DPD MUI Kota Sorong, dan kepada jajaran BKM agar segera menggunakan kasnya kepada jamaah melihat situasi sekarang,” tambah Mas Joko.

“Daripada dana kasnya banyak dan saldonya mengendap di rekening bank. Ini saat yang paling tepat buat kita memberikan kontribusi untuk jamaahnya masing-masing. Jadi jangan memikirkan saldonya besar tetapi tidak memiliki kontribusi kepada jamaah dan warga,” jelas Mas Joko.

Mas Joko berpendapat bahwa semestinya ini takmir masjid menjadi pelayan umat, jadi apa yang mereka butuhkan kita coba respon.

Ditambahkan, bahwa takmir masjid mesti peka kepada mereka dan mudah-mudahan suatu saat kita yakin dan percaya Allah akan berikan tambahan-tambahan rizki baik kepada masjid maupun personal.

Diketahui sebelumnya BKM pengurus masjid At-Taubah memiliki bidang sosial dan melakukan kegiatan berkesinambungan. Seperti khitanan sebanyak 150 anak, menyantuni beberapa janda dhuafa, mengurusi jenazah tanpa berbayar sepeserpun, dan orang yang sakit tidak bisa beraktifitas dikunjungi lalu diberikan santunan senilai Rp 500.000.

Konsep daripada keuangan masjid itu diketahui seperti yang terdapat di masjid Jogokariyan, Jogjakarta.

Pengelolaan dananya se-transparansi mungkin dan segera disalurkan sesuai peruntukkannya.

“Jadi semakin cepat dana kita berikan efeknya semakin bagus, saya yakin jamaah semakin percaya dan senang. Artinya dananya tidak mengendap terlalu lama. Dari sisi manfaat mereka dapatkan dan dari sisi pahala juga di dapatkan Insya Allah,” pungkasnya.

(Reporter Yusuf Effendy)

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Menyambut MTQ Tingkat Provinsi Secara Virtual, LPTQ Provinsi Papua Barat Gelar Silaturahmi Dengan Se-Papua Barat

PP Muhammadiyah Lantik BPH Universitas Muhammadiyah Sorong, Diantaranya Syaiful Maliki Anggota DPR Papua Barat

Mengenang Sembilan Tahun Wafatnya Allahuyarham Prof. Saifuddin, Ketua STAIN Sorong Pertama

Yayasan Bina Insan Mulia Peradaban, Laksanakan Kembali Ngopi

La Ode Samsir, Ini Tanggung Jawab Moril Saya Ketika Bagikan 665 Paket Bantuan Banjir

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar