Sosialisasi Pencegahan Covid-19, Polisi dan TNI di Sorong Lakukan Hal Unik

Sosialisasi Pencegahan Covid-19, Polisi dan TNI di Sorong Lakukan Hal Unik
Anggota Polisi dan TNI yang Turun ke Perkampungan dengan Menggunakan Pakaian Tari Papua (Koleksi Sorong Terkini)

Terkini.id, Sorong – Aksi unik dilakukan anggota polisi dan TNI ini dalam upayanya mensosialisasikan tentang merebaknya virus covid-19 di kompleks Kokoda Rufei, Sabtu 18 April 2020.

Yusuf Jusvie, polisi yang turun mensosialisasikan covid-19 dengan menggunakan pendekatan kearifan lokal mengatakan sosialisasi sangat efektif sebab mudah diterima oleh warga.

“Mereka sangat menerima apalagi ini kan budaya khas Papua, yaitu tarian tumbu tanah. Respon warga sangat mengapresiasi terkait apa yang dilakukan oleh bhabinkamtibmas dan bhabinsa. Mereka pun ikut bergoyang tetapi dengan tetap menjaga jarak,” ungkapnya.

Yusuf juga menambahkan kegiatan yang dilakukan selain sosialiasi terkait pencegahan covid-19 juga dilakukan penyemprotan disinfektan.

Baik TNI, maupun Polri secara bersama-sama turun melakukan aksi pencegahan wabah. Termasuk melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat luas yang menjadi wilayah kerja masing-masing.

Secara khusus, TNI dan Polri menyasar wilayah-wilayah pemukiman kumuh. Sebelumnya, sudah dilakukan juga untuk pemukiman lainnya.

“Kami melakukan kegiatan ini kepada warga yang berada di perumahan kumuh yang masih awam tentang bahaya wabah ini,” ucapnya.

Sosialisasi covid-19 dan penyemprotan disinfektan dilakukan di dua RT yaitu RT 05 RW 06 dan RT 03 RW 01 kompleks Kokoda, Rufei.

Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa selama wabah covid-19.

“Pesan kami untuk warga agar tetap di rumah apabila tidak ada kegiatan yang penting, menjaga jarak ketika berada di tempat umum, menggunakan masker, rajin mencuci tangan atau memakai hands sanitizer,” tambah Yusuf.

“Jaga kesehatan dengan perhatikan pola hidup sehat, dan apabila ada gejala terkait covid untuk segera memeriksakan diri pada pusat kesehatan yang sudah tersedia”, pungkasnya.

(Reporter Yusuf Effendy)

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Mengenang Sembilan Tahun Wafatnya Allahuyarham Prof. Saifuddin, Ketua STAIN Sorong Pertama

Yayasan Bina Insan Mulia Peradaban, Laksanakan Kembali Ngopi

La Ode Samsir, Ini Tanggung Jawab Moril Saya Ketika Bagikan 665 Paket Bantuan Banjir

Bentuk Karakter Peserta Didik di Era New Normal, MTs Mutu dan Panti Asuhan Muhammadiyah Kegiatan Bersama

Peduli Muslim Papua Barat, Bunda Shinta Tebar Daging Qurban melalui Yayasan Malanu Peradaban

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar