Refocusing Lembaga Pendidikan Islam Dalam Bulan Ramadhan dan Pandemi Covid-19

Refocusing Lembaga Pendidikan Islam Dalam Bulan Ramadhan dan Pandemi Covid-19
Dr. Hasbi Siddik Pascasarjana IAIN Sorong (Koleksi Pribadi)

Dr. Hasbi Siddik
Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong

Terkini.id, Sorong – Sebelum kemerdekaan lembaga pendidikan Islam berfokus pada Surau, rumah-rumah guru mengaji, rumah-rumah Kiyai atau ulama, dan di pondok-pondok para kiyai atau yang dikenal dengan pesantren.

Dalam perkembangannnya lembaga-lembaga pendidikan Islam tersebut direvitalisasi di lembaga-lembaga formal, non formal dan informal.

Namun yang menarik dalam bulan suci ramadhan pada tahun 2020 ini yang secara kebetulan terjadi pandemi Covid-19 yang penyebarannya begitu massif.

Hampir semua negara di dunia dimana lembaga-lembaga formal dan non formal pendidikan Islam yang selama ini menjadi fokus pengembangan pendidikan Islam terhenti secara total dan lumpuh.

Baca juga:

Ini diawali dengan pilihan kebijakan physical distancing (jaga jarak) demi memutus mata rantai penyebaran epidemi tersebut sehingga peserta didik semua harus dirumahkan.

Walaupun sekolah dan madrasah Islam menerapkan sistem pembelajaran on line dalam menjawab situasi yang ada akan tetapi kenyataannya sistem belajar on line tak seefektif dan seefisien dengan sistem tatap muka yang selama ini berlaku.

Demikian halnya dalam bulan suci ramadhan dimana tradisi-tradisi pendidikan Islam yang berlangsung secara massif yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan Islam seperti pesantren kilat, tadarrusan bersama, buka bersama, pengajian bersama, dan sahur bersama terhenti secara total.

Salah satu lembaga pendidikan yang bertahan dalam bulan suci kali ini ditengah wabah melanda negeri adalah lembaga pendidikan Islam Informal atau keluarga.

Inilah benteng terakhir lembaga pendidikan Islam sekarang ini dimana semua tugas-tugas peserta didik harus rampung dan diseleseikan di rumah.

Refocusing lembaga pendidikan Islam yang hanya terfokus kepada keluarga menjadi simbol betapa pentingnya keluarga dalam menopan tumbuh kembangnya pendidikan Islam di bulan suci dan masa pandemi Covid 19 ini.

Olehnya itu, setiap keluarga harus siap dan mampu menghadapi situasi ini dengan cara menjadi tauladan, pembimbing, guru, sekaligus ustads yang melahirkan solusi bagi anak-anak mereka dalam menyelesaikan tugas sekolah, tugas ibadah dan tugas sosial yang banyak ditugaskan kepada mereka.

Selain itu orang tua yang menjadi refocusing pendidikan Islam dimasa ramadhan dan pandemi sekarang ini harus betul-betul memiliki kesabaran yang tinggi serta kecerdasan emosional.

Komentar

Rekomendasi

Akhir Ramadhan dalam Perjuangan dan Solidaritas, Melewati Wabah Covid-19

Patologi Sosial Dalam Pandemi

Bahaya Lain Covid-19

Covid-19, Pandangan dari Kaca Mata Antropologi

Virus Corona Pasti Berlalu

Stres Masyarakat Dalam menghadapi Covid-19

Covid-19 dalam Musibah, Ujian atau Rahmat, Pandangan Alquran

Covid-19, Uraian Terma Alquran tentang al Bala

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar