Noer Hasyim Gandi, Pejuang Pendidikan Tanah Papua

Nur Hasyim Gandi, Pejuang Pendidikan Tanah Papua
Lembaga Pendidikan Annur (Koleksi Sorong Terkini)

Terkini.id, Sorong – Klablim, menjadi monumen penanda berdiri Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong. Sementara di Kampung Baru, berdiri lembaga pendidikan An Nur dengan jenjang Pendidikan dasar sampai Pendidikan menengah.

Perjalanan Kampung Bar uke Klablim ataupun sebaliknya dapat melewati Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif sebelum KM 10, Sorong.

Lembaga-lembaga itu tak lepas dari keikutsertaan Allahuyarham Noer Hasyim Gandi. Beliau, menjadi bagian dari pendirian An Nur, Ma’arif, dan Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah (STID) Al Hikmah dengan ketua pertama Ir. Salim Mas’ud ((1990-1994) yang menjadi cikal bakal IAIN Sorong kini.

STID yang didirikan 1990 bertransformasi menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Hikmah. Selanjutnya, 2006 dengan peraturan presiden yang semasa itu dijabat Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, membentuk STAIN Sorong dengan Pgs selama setahun (2006-2007) kemudian terpilih dan dilantik menjadi ketua pertama untuk periode 2008-2012, Prof. Dr. Saifuddin (wafat, 2011).

Perjalanan selama 14 tahun dari STAIN Sorong kemudian alih status kelembagaan menjadi IAIN Sorong dengan peraturan presiden tertanggal 28 Februari 2020. Tanggal bersamaan pembentukan Kota Sorong.

Baca juga:

Begitupula ketika STAIN Sorong pada tahun 2009 belum memiliki lahan kampus, An Nur menjadi lokasi pembelajaran yang disediakan oleh Noer Hasyim Gandi.

Pada 16 Juli 1965, allahuyarham Noer Hasyim Gandi turut dalam pembentukan Nahdlatul Ulama (NU) yang kemudian ditunjuk menjadi sekretaris, sementara ketua umum dijabat Abdullah Arfan.

Kepengurusan NU yang juga allahuyarham turut didalamnya sampai 2007 semasa itu masih diawali dengan NU Kabupaten Sorong. Kini, kepengurusan NU sudah dimekarkan seiring dengan pembentukan Kota Sorong sebagai wilayah otonom baru.

Allahuyarham tiba di Kota Sorong pada tahun 1962, penugasan dari Departemen Agama ke wilayah Irian Jaya. Sampai pensiun, beliau memperjuangkan kewujudan pendidikan Islam. Bahkan setelah itu, tetap saja berusaha mewujudkan lembaga pendidikan Islam.

Noer Hasyim Gandi berpulang ke rahmatullah 12 Oktober 2013. Semangatnya tetap abadi seiring dengan keabadian lembaga-lembaga pendidikan Islam yang turut diperjuangkannya.

Komentar

Rekomendasi

Menelisik Susu Kurma, Bisnis Menguntungkan Dalam Ramadhan

Nanti Kita Cerita di Akhir Ramadhan

Abdul Rauf Abu, Mata Air Kembar Pejuang NKRI dan Dakwah

Islam dan Budaya Papua

Panti Asuhan Ini Bukan Penerima Sumbangan Justru Mendistribusikan Sumbangan

IAIN Sorong Kampus Dunia Maya

Civitas Academica, Frasa yang Sering Menjadi Perdebatan

Edukasi Jiwa, Berawal dalam Kebahagian dan Berakhir dalam Ketabahan

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar