Panti Asuhan Ini Bukan Penerima Sumbangan Justru Mendistribusikan Sumbangan

Panti Asuhan Ini, Bukan Penerima Sumbangan Justru Mendistribusikan Sumbangan
Proses Pengepakan Bantuan di Panti Putri Al Amin (Koleksi Sorong Terkini)

Terkini.id, Sorong – Sudah dua bulan lebih masa penanggulangan dan pencegahan Covid-19 dilalui oleh masyarakat Sorong-Papua Barat. Semenjak dikeluarkan edaran Walikota Sorong terkait masa tanggap darurat Covid-19.

Hal tersebut tentunya sangat berpengaruh besar terhadap penghasilan harian masyarakat ekonomi ke bawah serta perputaran roda ekonomi di Sorong. Sehingga berdampak pada ketidak-ketercukupan kebutuhan sehari-hari seperti bahan pokok makanan juga kebutuhan sekunder lainnya bagi kalangan masyarakat semakin meluas.

Namun ada hikmah yang terbesar dengan adanya wabah ini yaitu tergeraknya hati nurani masyarakat yang memiliki kelebihan finansial untuk membantu saudara-saudaranya yang terkena dampak wabah Covid-19.

Termasuk, Panti Asuhan Putri Al Amin. Tidak lagi sebagai penerima sumbangan. Justru menjadi bagian dalam aksi sosial untuk mendistribusikan sumbangan warga. Panti Asuhan Putri turut mengemasi barang-barang bantuan dan mendistribusikan ke warga terdampak Covid-19, Rabu, 6 Mei 2020.

Salah satunya, Shinta. Dipanggil akrab bunda Shinta. Beliau adalah warga DKI Jakarta yang sangat aktif dalam kegiatan-kegiatan kemanusiaan dan keagamaan di Papua Barat terutama kepada masyarakat muallaf dan muslim asli Papua semenjak 2016 lalu.

Baca juga:

Sebagaimana yang disampaikan kepada Sorong Terkini, beliau mengatakan “Bunda Shinta adalah sosok dermawan yang tidak tanggung-tanggung ketika membantu masyarakat muslim Papua walau belum pernah berjumpa sama sekali. Selama ini kami hanya komunikasi lewat handphone,” kata Ruslan.

“Jadi, beliau beberapa hari lalu menelepon saya bahwa dalam waktu dekat akan mengirimkan bantuan untuk dibagikan ke binaan-binaan masyarakat muallaf dan muslim Papua yang kita miliki di sini yang tersebar ke beberapa wilayah terpencil di Papua Barat,” lanjut Ruslan.

“Setelah bantuan tersebut datang, saya pun berpikir bagaimana pahala dari berbuat ini tidak hanya didapatkan oleh Bunda Shinta sekeluarga dan saya semata. Maka saya pun berinisiatif melibatkan anak-anak Panti Asuhan Putri Al-Amin tujuannya adalah mendapatkan kebaikan dari amal berjama’ah,” sambung Ruslan.

“Jadi adik-adik kita ini kami bagikan mereka tugas, ada bagian yang mengelompokkan sembako ke dalam satu paket, ada bagian bongkar muat, hingga ada yang bertugas ikut mendistribusikan ke pelosok-pelosok. Semuanya telah kami atur sedemikian rupa, tujuannya adanya merekapun ikut bertanggung jawab dalam kebaikan ini,” pungkas Ruslan.

(Hilman Djafar)

Komentar

Rekomendasi

Menelisik Susu Kurma, Bisnis Menguntungkan Dalam Ramadhan

Nanti Kita Cerita di Akhir Ramadhan

Abdul Rauf Abu, Mata Air Kembar Pejuang NKRI dan Dakwah

Islam dan Budaya Papua

IAIN Sorong Kampus Dunia Maya

Noer Hasyim Gandi, Pejuang Pendidikan Tanah Papua

Civitas Academica, Frasa yang Sering Menjadi Perdebatan

Edukasi Jiwa, Berawal dalam Kebahagian dan Berakhir dalam Ketabahan

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar