Pilih Penelitian Radikalisme, Mahasiswa Pascasarjana IAIN Sorong Tuai Apresiasi

Ujian Proposal Tesis Daring (Koleksi Sorong Terkini)
Pilih Penelitian Radikalisme di Sorong, Mahasiswa Pascasarjana IAIN Sorong Tuai Apresiasi

Terkini.id, Sorong – Pelaksanaan ujian proposal secara daring kali kedua berjalan lancar. Proposal tesis yang diajukan oleh mahasiswa pascasarjana IAIN Sorong tersebut memilih tema radikalisme berbasis agama di Kabupaten Sorong, Kamis, 7 Mei 2020

Hal tersebut dinilai oleh para penguji bahwa tema penelitian tersebut bersifat kontemporer dan memiliki nilai kebaharuan karena selain membahas lebih dalam terkait terma penelitian yang digunakan.

Juga, menelisik lebih jauh perihal peran ketua kelompok penyuluh agama Islam terhadap menangkal paham radikalisme di wilayah minoritas muslim.

Dr. K.H. Surahman Amin, selaku Penguji I dalam seminar proposal tesis ini mengatakan “Penelitian ini dapat dikatakan bagus dan layak dilanjutkan ke jenjang naskah penulisan tesis karena dapat dijadikan rujukan kedepannya perihal peran POKJALUH dalam menangkal paham radikalisme terlebih lagi objek kajiannya berada pada wilayah minoritas,” ujarnya.

“Islam sebagai agama rahmatan lil_alamin mengajarkan kelembutan dan perdamaian dalam menjalankan misi dakwah. Maka apa yang diajukan saudara peneliti ini sangat bagus tentunya terdapat perbaikan-perbaikan seperti contoh ketepatan pendekatan metodologi penelitian yang akan digunakan di lapangan nanti,” menyelesaikan kalimatnya.

Baca juga:

Begitu pula yang disampaikan oleh Penguji II yakni Dr. Muhammad Rusdi Rasyid, Beliau mengatakan bahwa apa yang diajukan oleh saudara Mawardi Wugaje ini adalah ide penelitian yang relevan.

“Sebab, secara umum memberikan kesan kepada khayalak umum bahwa Islam itu menolak berbagai paham radikalisme. Sehingga dengan melalui regulasi yang baik oleh Kementerian Agama melalui POKJALUH mampu tampil sebagai Advokatif, Informatif/Edukatif, dan Konsultatif kepada masyarakat,” tambah Dr. Rusdi

Selain itu pula, di tengah berlangsungnya ujian proposal tesis saudara Mawardi Wugaje, turut berpartisipasi Rektor IAIN Sorong yakni Dr. Hamzah, Beliau memberikan arahan kepada peneliti agar memperhatikan seluruh apa yang menjadi catatan, masukan, dan kritikan dari para penguji.

“Supaya penelitian yang dilakukan benar-benar menjadi sebuah penelitian yang baik dan bermanfaat bagi kalangan terutama umat Islam di tengah masalah stigma identitas saat ini, saran Dr. Hamzah.

“Agar penelitian ini lebih baik dan fokus lagi, ada beberapa catatan-catatan yang harus diperhatikan terutama tampilan judulnya dipersingkat lagi agar tidak terkesan terlalu Panjang,” tutupnya.

(Ruslan Rasid & Himan Djafar)

Komentar

Rekomendasi

Kabar Gembira, WHO Menguji 20 Vaksin dan Institut Bioteknologi Beijing Mengumumkan Hasil Uji Vaksin

Himpunan Mahasiswa Islam Manokwari Protes MUI yang Melakukan Penjaringan Nama Calon Bupati

Pascasarjana IAIN Sorong Laksanakan Silaturahmi dan Seminar Keagamaan Malam Ini

Kelompok Keswadayaan Masyarakat Ninjimur Komitmen Bangun Sarana Air Minum Bagi Masyarakat

Memupuk Kepedulian Sosial Sejak Dini, PD PII Kabupaten Teluk Bintuni Berbagi Takjil

Kerukunan Keluarga Masyarakat Bone Kota Sorong Berbagi Berkah Ramadhan di Tengah Covid-19

SKIPM Gandeng Yayasan SMAY Bagi Paket Bantuan Bulan Mutu Karantina 2020

Satgas Covid-19 IAIN Sorong Bagikan Bantuan bagi Warga Terdampak

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar