Covid-19, Uraian Terma Alquran tentang al Bala

Covid-19, Uraian term-term Alquran tentang al-Bala
Quran (Koleksi www.shutterstock.com)

Dr. H. Surahman Amin
Direktur Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong

Terkini.id, Sorong – Covid 19 atau Corona Virus Desease 2019 merupakan penyakit yang ditimbulkan oleh virus baru yang dinamai juga SARS-Cov-2. Virus yang pertama kali muncul secara massif dipenghujung 2019 di Wuhan, RRC.

Termasuk penyakit yang penularannya sangat cepat dan sampai sekarang para ahli belum mampu menemukan obat maupun vaksinnya secara permanen.

Fenomena virus corona ini berhasil merubah ramai menjadi sunyi, meluluh-lantahkan sendi-sendi perekomian, meng-abnormal-kan pendidikan maupun sosial kemasyarakatan. Kehadiran Covid 19 benar-benar membuat dunia terbalik dan pelan-pelan mulai merubah peradaban.

Ada yang menilai, covid 19 ini merupakan ujian hidup untuk membuktikan keimanan manusia. Juga ada yang berpendapat virus ini merupakan teguran akibat menganggap remeh semangat beribadah.

Bahkan ada yang beranggapan lebih ekstrem lagi bahwa virus ini merupakan tentara yang Allah kirimkan untuk meng ‘adzab’ penduduk bumi akibat kesombongan dan kedurhakaan mereka.

Selanjutnya uraian sederhana ini menyingkap tentang term-term dalam al-Qur’an yang berhubungan dengan virus corona sebagai bala’

Al-Bala’ dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), diartikan sebagai ‘malapetaka’, ‘kemalangan’, atau ‘cobaan’. Dari pengertian inilah masyarakat memandang bahwa setiap kejadian yang menimpa manusia yang sifatnya merugikan mereka dianggap sebagai malapetaka dan musibah.

Hanya sedikit beranggapan kejadian-kejadian tersebut merupakan ujian atau cobaan. Sehingga tidak heran ketika ada sesuatu yang mengganggu kehidupan manusia seperti banjir bandang, Tsunami, angin puting beliung, ataupun Virus Corona merupakan musibah atau malapetaka.

Setidaknya dalam al-Qur’an seperti yang dikemukakan oleh Mardan dalam bukunya “Wawasan al-Qur’an tentang Malapetaka” bahwa setidaknya ada 5 (lima) term yang menunjuk kepada musibah atau malapetaka yaitu, 1. Al-Bala’, 2 al-Musibah, 3. Al-Fitnah, 4 al-Imtihan dan 5. al-azaab.

Pertama. al-Bala’. Kata ini dan berbagai derivasinya dicantumkan sebanyak 38 kali yang disebar dalam 35 ayat di 25 surah. Dari 38 ayat, terdapat 6 ayat yang menggunakan secara langsung kata al-Bala’. Menurut Quraish Shihab al-Bala setidaknya mengandung makna ujian atau cobaan.

Al-Qur’an menggunakan kata al-bala bukan hanya dalam arti yang dinilai negatif oleh manusia, tapi bisa juga bernilai positif atau baik.(QS. Al-Anbiya (21): 35), bahkan kewajiban agama bisa merupakan al-bala karena ia merupakan amanah yang berat untuk dilaksanakan.

Dari makna-makna al-bala yang dapat dipahami dari pemaparan ayat-ayat Alquran setidaknya mengandung 3 makna.

Pertama, Al-ikhtibar atau ujian (Qs. Al-Baqarah: 155) yang intinya menjelaskan bahwa ujian Allah beragam untuk manusia dengan maksud menguji siapa yang sabar dan rela menerima takdir Allah swt.

Kedua, Al-Ni’mah wa Mihnah atau karunia dan cobaan. (Qs. Ibrahim: 6 dan al-A’raf: 141).

Ketiga, Al-Takaalif atau kewajiban-kewajiban agama. (Qs. Muhammad: 31) ayat ini menjelaskan bahwa Allah menguji manusia berupa perintah untuk berjihad dan semacamnya sebagai bagian dari tanggung jawab yang berat.

Dalam Alquran al-bala digunakan untuk menggambarkan ujian yang baik (positif) ataupun yang buruk (negatif). Hal ini didasarkan pada firman Allah yang berbunyi. “….Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yang baik-baik dan (bencana) yang buruk-buruk agar kembali (kepada kebenaran).” (QS al-A’raf [7]: 168).

Bala dalam konteks ujian yang buruk, misalnya, dapat dilihat dalam Alquran surah al-Baqarah yang berbunyi, “Dan pada yang demikian itu terdapat cobaan-cobaan yang besar dari Tuhanmu.” (QS al-Baqarah [2]: 49).

Dari uraian diatas disimpulkan bahwa virus corona atau covid 19 merupakan bala’ dari Allah swt. bisa jadi bernilai positif bagi manusia dan bisa jadi menimbulkan kerusakan atau benilai negatif.

Intinya virus ini merupakan makhluk Allah bisa menjadi ujian, musibah maupun rahmat dari Allah swt.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Akhir Ramadhan dalam Perjuangan dan Solidaritas, Melewati Wabah Covid-19

Patologi Sosial Dalam Pandemi

Bahaya Lain Covid-19

Covid-19, Pandangan dari Kaca Mata Antropologi

Virus Corona Pasti Berlalu

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar