Virus Corona Pasti Berlalu

Virus Corona Pasti Berlalu
Virus Corona (www.shutterstock.com)

Bunyamin, M.Pd.
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong

Terkini.id, Sorong – Tidak terasa kita sudah berada di fase 10 terakhir bulan suci ramadhan tahun ini. Sudah 20 hari lebih kita melaksanakan ibadah Ramadhan di rumah saja.

Kita harus rela menunaikan Shalat 5 waktu di rumah saja, kita harus ikhlas melaksanakan Shalat Tarawih di rumah saja, kita harus sabar menerima himbauan untuk tidak melaksanakan shalat Jum’at secara berjamaah di Mesjid.

Bahkan kemungkinan besar kita akan terpaksa menerima kenyataan bahwa kita tidak bisa melaksanakan shalat Idul Fitri 1441 H secara berjamaah di Mesjid seperti Ramadhan sebelumnya.

Itu semua karena Covid-19 yang sampai saat ini masih terus mengancam kesehatan seluruh masyarakat, tidak terkecuali ummat Islam yang sedang menjalankan Ibadah di bulan suci Ramadhan ini.

Baca juga:

Meskipun demikian, kita sebagai ummat Islam harus tetap semangat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah kita. Shalat berjamaah tetap harus dilaksanakan meskipun hanya dilakukan di rumah bersama anggota keluarga.

Mengkhatamkan Al-Qur’an harus semakin diperbanyak, bahkan lebih banyak dari Ramadhan sebelumnya. Berbagi dengan orang-orang yang membutuhkan dengan jalan infaq ataupun sedakah harusnya tetap bisa kita lakukan meskipun tanpa harus meninggalkan rumah.

Bahkan di bulan suci Ramadhan ada yang namanya zakat Fitrah yang wajib dikeluarkan oleh setiap jiwa. Jadi peluang untuk mendapatkan Ganjaran pahala yang berlipat ganda, tetap terbuka lebar meskipun kita sedang diuji dengan adanya virus Corona.

Saat ini kita sudah berada di penghujung Bulan Suci Ramadhan. Peluang kita untuk meraih keistimewaan bulan ramadhan tinggal beberapa hari lagi. Tentunya kita harus memanfaatkan waktu yang tersisa ini dengan sebaik-baiknya.

Jangan sampai kita melewatkan begitu saja setiap kesempatan untuk mendapatkan keberkahan di bulan ramadhan ini yang belum tentu akan kita dapatkan di bulan Ramadhan berikutnya.

Jika bulan ramadhan di tahun-tahun sebelumnya kita banyak tergoda untuk menghabiskan waktu di mal-mal dan pusat perbelanjaan lainnya di akhir Ramadhan.

Maka tahun ini kita seharusnya banyak menghabiskan waktu di rumah saja dengan memperbanyak ibadah karena sebagian besar mal dan pusat perbelanjaan lainnya ditutup untuk menghindari penyebaran Covid-19 yang lebih luas.

Meskipun Covid-19 telah banyak berpengaruh terhadap sendi-sendi kehidupan manusia termasuk Ummat Islam, kita harus yakin bahwa virus ini akan segera berlalu. Kita harus meyakini bahwa ini hanyalah Ujian dari Allah SWT., karena ujian itu memang akan terus dan terus hadir dalam kehidupan kita. Ujian itu akan senantiasa datang silih berganti tanpa henti dengan berbagai macam bentuk dan masanya.

Jika sebelumnya setiap manusia harus menerima ujiannya masing-masing di waktu yang berbeda-beda, apakah itu berupa kemiskinan, kelaparan, kekurangan harta, kegagalan dalam berusaha dan sebagainya.

Maka saat ini kita harus menghadapi ujian yang sama dan di waktu yang sama pula. Bahkan hampir seluruh dunia merasakan ujian yang luar biasa ini dalam waktu yang bersamaan. Tapi tentu itu semua sudah menjadi takdir dari Allah SWT.

Sekali lagi kita harus yakin seyakin-yakinnya bahwa Allah akan menurunkan pertolongannya kepada kita semua. Allah akan segera menjauhkan kita dari ancaman virus yang sangat berbahaya ini.

Allah akan memberikan petunjuk kepada manusia agar mereka bisa menemukan obat ataupun vaksin yang mampu melawan ganasnya virus ini.

Allah akan secepatnya menghindarkan diri kita dan keluarga dari rasa takut yang berlebihan kepada virus Corona karena ketakutan itu akan menghalangi kita untuk menjalankan segala aktifitas kita. Yakinlah Virus Corona pasti berlalu.

Komentar

Rekomendasi

Akhir Ramadhan dalam Perjuangan dan Solidaritas, Melewati Wabah Covid-19

Patologi Sosial Dalam Pandemi

Bahaya Lain Covid-19

Covid-19, Pandangan dari Kaca Mata Antropologi

Stres Masyarakat Dalam menghadapi Covid-19

Covid-19 dalam Musibah, Ujian atau Rahmat, Pandangan Alquran

Covid-19, Uraian Terma Alquran tentang al Bala

Ramadhan dan Tawakkal

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar