Nanti Kita Cerita di Akhir Ramadhan

Nanti Kita Cerita di Akhir Ramadhan
Akhir Ramadhan (www.shutterstock.com)

Fardan Abdillah M., M.Pd.I.
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong

Terkini.id, Sorong – Bulan Ramadhan tahun ini akan berakhir, banyak hikmah yang bisa menjadi ‘ibrah (pelajaran) untuk merefleksikan ibadah kita kepada Allah swt. serta animo umat islam untuk lepas dari pandemic covid 19. Sehingga dapat menjadi cerita menarik di penghujung bulan ramadhan kali ini.

Adapun penulis ingin mendeskripsikan terkait kondisi bulan ramadhan tahun ini:

Pertama: terdapat dikotomi dalam mengaplikasikan ibadah-ibadah di bulan ramadhan dalam artian di satu sisi menjalan shalat lima waktu dan shalat tarwih berjama’ah di masjid dan di satu sisi menjalankan shalat dan ibadah lainnya di rumah dengan berbagai pertimbangan masing-masing.

Kedua: keinginan masyarakat untuk berkumpul dengan kerabat-kerabat menjadi hal yang tdk etis lagi untuk dilaksanakan, seperti berbuka puasa bersama.

Baca juga:

Ketiga: perputaran ekonomi yang menurun drastis yg biasanya bulan ramadhan menjadi bulan yang penuh berkah karena para pelaku usaha banyak mendapat keuntungan dalam menjalankan usahanya disebabkan animo masyarakat untuk berbelanja di bulan ramadhan sangat tinggi.

Keempat: akhir dari fase khidmatnya ramadhan adalah melaksanakan shalat idhul fitri sebagai wujud kebahagiaan karena telah menjalankan ibadah puasa ramadhan dan kondisi saat ini, umat islam masih ambigu, “apakah dilaksanakan seperti biasa atau di rumah masing-masing”, begitupun dgn silaturahimnya.

Penulis berasumsi bahwa beberapa fakta di atas menjadi konsekuensi bagi kita semua agar terlepas dari bencana ini serta menjadi bukti bahwa ramadhan tahun ini dengan segala fenomenanya sangat berkesan bagi kita semua khususnya bagi umat islam.

Beberapa hari yang lalu Pemerintah melalui siaran televisi melaksanakan do’a bersama lintas agama sebagai upaya ritual dalam menyikapi persoalan dunia ini dan do’a umat islam dipimpin oleh Gurutta Prof. Dr. KH. Quraish Shihab. Semoga Allah swt meng-ijabah do’a kami dan menjadikan negeri kami baldatun tayyibatun wa rabbun ghafur..amiin

Untuk mengakhiri cerita penulis marilah kita senantiasa bertawakal kepada Allah swt dgn segala ujian dan cobaan-Nya. Selamat Hari Raya Idhul Fitri 1441 H. Taqabbalallahu Minna wa Minkum.

Komentar

Rekomendasi

Menelisik Susu Kurma, Bisnis Menguntungkan Dalam Ramadhan

Abdul Rauf Abu, Mata Air Kembar Pejuang NKRI dan Dakwah

Islam dan Budaya Papua

Panti Asuhan Ini Bukan Penerima Sumbangan Justru Mendistribusikan Sumbangan

IAIN Sorong Kampus Dunia Maya

Noer Hasyim Gandi, Pejuang Pendidikan Tanah Papua

Civitas Academica, Frasa yang Sering Menjadi Perdebatan

Edukasi Jiwa, Berawal dalam Kebahagian dan Berakhir dalam Ketabahan

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar