Adakan Ngopi Online Perdana, Yayasan Malanu Peradaban Diperkenalkan

Adakan Ngopi Online Perdana, Yayasan Malanu Peradaban Diperkenalkan
Diskusi Sekaligus Perkenalan Yayasan Malanu Peradaban (Koleksi Sorong Terkini)

Terkini.id, Sorong – Salah satu adaptasi dari pandemi covid-19 adalah munculnya ide-ide berkegiatan yang dilakukan oleh kaum pemuda dan pemudi untuk tetap berkarya, berinovasi, dan berkembang walau hanya dapat dilakukan di rumah masing-masing.

Hal yang sama pula yang dilakukan oleh pemuda-pemudi yang terhimpun dari mahasiswa Islam, organisasi kemasyarakatan, dan masyarakat muslim se-Sorong Raya mengadakan webinar “NGOPI ONLINE” Jumat, 17 Juli 2020.

NGOPI (Ngobrol Perkara Iman) secara ONLINE ini terilhami dari kegiatan keagamaan yang selalu dilakukan oleh pemuda-pemuda Islam di masjid-masjid seperti biasanya ketika menunggu waktu shalat Isya selepas melaksanakan shalat maghrib.

Sehingga topik-topik yang disajikanpun akan lebih kepada upaya meningkatkan keimanan tentunya dengan melalui bermajelis dan bersilaturahmi secara daring.

Spirit Yayasan Malanu Peradaban diperkenalkan dengan semangat kalau selama ini kata Malanu di Kota Sorong identik dengan tempat para pekerja seks komersial. Namun setelah diprakarsainya Yayasan Malanu Peradaban ini kemudian hadir sebagai gerakan pengembangan literasi.

Lebih lanjut lagi, Muh Adnan Firdaus sebagai pemantik diskusi mengatakan bahwa kehadiran Yayasan Malanu Peradaban ini ke depan harus lebih mengawal wacana-wacana keummatan yang ada di Papua Barat atau Kota Sorong secara khusus.

Menjadi catatan penting adalah gerakan yang dilakukan ini walau kecil namun harus tetap konsisten dan berkelanjutan sehingga mampu menoreh sejarah tersendiri di Papua Barat.

Kegiatan NGOPI ONLINE pada pekan ini mengangkat tema, “Pemuda Al-Kahfi, Di manakah engkau?”. Tentunya sebagai refleksi bersama bahwa saat ini pemuda islam kebanyakan hanya lebih banyak menghabiskan waktunya kepada hal yang bersifat sia-sia.

Harapan dengan diangkatnya topik ini adalah setidaknya memberikan rangsangan atau penyegaran kembali bahwa pemuda yang digambarkan di dalam Al-Qur’an itu identik dengan pemuda yang beriman, menjalankan syariat, berjiwa rabbaniy, dan peduli dengan isu-isu keummatan saat ini. Maka dengan begitu terbentuklah pemuda-pemuda khalifatullah dan ibadullah.

Pekan depan, di hari dan jam yang sama akan diadakan lagi NGOPI ONLINE dengan topik yang berkenaan dengan idul adha (hari raya qurban) yang akan lebih fokus kepada distribusi hewan qurban.

(Reporter: Ruslan Rasid)

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Pengurus Kapten Indonesia Papua Barat Gelorakan Program Silaturrahmi Tokoh

MCCC Kampanye Pencegahan Covid-19 pada Siswa MTs Mutu, Kurniawati Shalihah: Langkah Baik Menyambut Semester Baru

Tekad Bangun Sekretariat, KKST Kota Sorong Papua Barat Gelar Lelang Amal

Dua Mahasiswa Doktor UIN Sunan Kalijaga Asal Sorong, Presentasi di Seminar Internasional via Daring

Muhammadiyah Papua, Dari Timur Turut Membangun Negeri dalam Usia 108 Tahun

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar