Bentuk Karakter Peserta Didik di Era New Normal, MTs Mutu dan Panti Asuhan Muhammadiyah Kegiatan Bersama

Bentuk Karakter Peserta Didik di Era New Normal, MTs Mutu dan Panti Asuhan Muhammadiyah Kegiatan Bersama
Kegiatan Bersama Siswi MTs Muhammadiyah Sorong (Koleksi Sorong Terkini)

Terkini.id, Sorong – Proses belajar mengajar dalam dunia pendidikan tidak akan pernah berhenti, bahkan di tengah pandemi covid-19 sekalipun. Demi mewujudkan generasi yang cerdas bagi anak bangsa.

“Sebagai lembaga pendidikan Islam tingkat menengah (tsanawiyah), MTs. Muhammadiyah 1 Kota Sorong senantiasa meramu metode yang akan digunakan dalam rangka menjamin berlangsungnya proses belajar mengajar di tengah pandemi saat ini terutama pembentukan karakter peserta didik di tengah kondisi wabah covid-19,” disampaikan pimpinan lembaga, Jumat 7 Agustus 2020.

Di antara terobosan yang dilakukan MTs. Muhammadiyah 1 Kota Sorong adalah selain proses belajar mengajar secara daring setiap hari, Setiap pagi mulai jam 07.30 hingga 08.00 wali kelas beserta peserta didik mengaji dan setoran hafalan secara daring setelah itu dilanjutkan dengan belajar daring.

Di samping itu pula, peserta didik wajib menggunakan seragam sekolah seperti biasa ketika berada di sekolah. Jika ada peserta didik yang tidak menggunakan seragam maka tidak diperkenankan mengikuti proses belajar mengajar.

Hilman Djafar, selaku Kepala Panti Putri Muhammadiyah Al-Amin menuturkan bahwa “setiap hari kami mengawasi anak-anak belajar mulai dari jam 07.30 hingga jam 12.00,” Ujar Hilman.

“Anak asuhan kami wajib mengikuti segala aturan sekolah di samping mengerjakan tugas sekolah, mereka berseragam dan seterusnya sehingga segala yang diterapkan di sekolah setiap harinya pra sebelum covid-19 kita terapkan juga setiap hari panti,” tutupnya.

Kurniawati Shalihah, selaku kepala madrasah di salah satu dalam rapat dewan guru mengatakan bahwa “walau peserta didik belajar dari rumah, peserta didik harus tetap memperhatikan etika atau adab dalam belajar seperti halnya belajar di dalam kelas seperti biasanya sebelum adanya pandemi ini,” tegasnya.

“Sebab kami memiliki motto: Islami, Cerdas, dan Berakhlak Mulia. Sehingga inilah yang menjadi pegangan kami dalam membina anak didik yang bersekolah di madrasah kami,” tutupnya.

(Ruslan Rasid)

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Diskusi Sains Terbuka dalam Wahana SEAAFSID STIM LPI dan SEAAM

Dosen IAIN Sorong Diundang dalam SEA-AFSID Dilaksanakan Bersama STIM LPI dan SEAAM

STIM LPI Makassar Bersama SEAAM Gelar SEA-AFSID 2020, Dosen IAIN Sorong Turut Berpartisipasi

SEARCHMACCA 2020 HMJ Pendidikan Matematika UIN Alauddin Makassar, Mahasiswa PGMI IAIN Sorong Siap Berpartisipasi

Rektor IAIN Sorong Diundang Sebagai Panel dalam Dialog Nasional Bersama 8 Pimpinan Perguruan Tinggi

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar