Menyambut MTQ Tingkat Provinsi Secara Virtual, LPTQ Provinsi Papua Barat Gelar Silaturahmi Dengan Se-Papua Barat

Menyambut MTQ Tingkat Provinsi Secara Virtual, LPTQ Provinsi Papua Barat Gelar Silaturahmi Dengan Se-Papua Barat
Pertemuan LPTQ Se Papua Barat (Kolekis Sorong Terkini)

Terkini.id, Sorong – Dalam rangka menggelar kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) VIII Tingkat Provinsi Papua Barat secara virtual, Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Papua Barat mengundang seluruh pengurus LPTQ Kabupaten/Kota se-Papua Barat.

Berlangsung dalam kegiatan silaturahmi dan sosialisasi secara daring dengan menggunakan aplikasi zoom meeting kemarin malam, 9 Agustus 2020.

Ketua Umum LPTQ Provinsi Papua Barat, Bapak Drs. H. Musa Kamudi, M.Si. Dalam sambutannya mengatakan: “Terdapat beberapa pertimbangan mengapa MTQ Ke-VIII ini dilakukan secara daring/virtual.

“Salah satunya adalah laporan dari Gugus Covid 19 yang menyatakan bahwa jumlah kasus corona di Papua Barat masih terus meningkat sehingga pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Papua Barat dilakukan secara virtual,” ujarnya.

Selain itu pula, selaku Ketua Umum LPTQ Papua Barat. Beliau mengapresiasi berbagai persiapan yang telah dilakukan oleh LPTQ Kabupaten Sorong Selatan yang sebenarnya tahun ini dilaksanakan di Kabupaten Sorong Selatan.

Menarik untuk Anda:

Namun dengan adanya wabah covid-19 ini sehingga LPTQ Provinsi Papua Barat mengambil inisiatif bahwa kegiatan MTQ VIII Tk. Provinsi Papua Barat dilakukan secara virtual/daring.

Berbagai persiapan dalam rangka menyambut MTQ VIII Tingkat Provinsi Papua Barat telah dilakukuan oleh LPTQ Provinsi Papua Barat di antara: Silaturahmi dewan hakim se-Provinsi Papua Barat, Arahan dan Penguatan teknis IT bagi dewan hakim tentang pelaksanaan MTQ secara virtual terutama dalam penggunaan aplikasi zoom.

Acara tersebut mengundang Ruslan Rasid (salah seorang Alumni Pascasarjana IAIN Sorong) sebagai pembicaranya dan selanjutnya silaturahmi dengan pengurus LPTQ Kabupaten/Kota se-Papua Barat.

H. Naharuddin Mane, S.H., S.Pd., M.H., Selaku Sekretaris Umum LPTQ Provinsi Papua Barat mengatakan bahwa: “Setidaknya ada 3 dasar dari pelaksanaan MTQ VIII secara virtual/daring yaitu pertama, Surat DIRJEN BIMAS Islam, Nomor B-1624/DJ.III.III/BA.00/06/2020 perihal reschdulle pelaksanaan pendaftaran calon peserta MTQ tingkat Nasional yang akan dilaksanakan di Padang.”

“Selanjutnya, Launching MTQ Tingkat Nasional pada hari Selasa, 28 Juli 2020 secara virtual. Ketiga, Hasil rapat LPTQ Provinsi Papua Barat pada hari Senin, 03 Agustus 2020,” tutur H. Naharuddin.

“Saat ini kita sedang menunggu surat Gubernur Provinsi Papua Barat perihal mandat ke LPTQ Provinsi Papua Barat untuk pelaksanaan MTQ VIII Tingkat Provinsi secara virtual,” tambahnya.

Harapan dari pelaksanaan MTQ VIII secara virtual ini selain melahirkan para qari/qari’ah, mufassir/mufassirah yang handal merekapun terbiasa dengan penggunaan IT.

“Selain itupula, Pelaksanaan MTQ secara virtual 100% ini baru LPTQ Papua Barat yang melakukan. Pasalnya, pelaksanaan MTQ ke-XXXI Sulawesi Selatan masih melakukan kombinasi antara virtual dan secara konvensional.” Kata H. Naharuddin.

“Pada beberapa cabang dilakukan virtual dan cabang-cabang lainnya dilakukan dengan tatap muka seperti biasanya tentunya mematuhi protokol kesehatan. Sedangkan MTQ VIII Provinsi Papua Barat, Insya Allah akan kami lakukan sepenuhnya secara virtual”. Tutupnya.

(Kontributor Abu Muzanny)

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Pengurus Kapten Indonesia Papua Barat Gelorakan Program Silaturrahmi Tokoh

MCCC Kampanye Pencegahan Covid-19 pada Siswa MTs Mutu, Kurniawati Shalihah: Langkah Baik Menyambut Semester Baru

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar