Diklatsar Kokam Kota Sorong, Siapkan Kader Tangguh Secara Fisik dan Peduli Kemanusiaan
Komentar

Diklatsar Kokam Kota Sorong, Siapkan Kader Tangguh Secara Fisik dan Peduli Kemanusiaan

Komentar

Terkini.id, Sorong – Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) Kota Sorong mulai dari tanggal 16 Februari 2021 hingga 20 Februari 2021 mendatang melaksanakan kegiatan DIKLATSAR (Pendidikan dan Latihan Dasar) bagi para personil baru.

Pembukaan kegiatan DIKLATSAR KOKAM secara resmi dibuka oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Sorong, Dr. Muhammad Ali, MM.,MH. di depan halaman Rektorat UM-Sorong. Selasa, 16 Februari 2021 kemarin.

Hilman Djafar, M.Pd. selaku Komandan KOKAM Kota Sorong mengatakan bahwa “Kegiatan DIKLATSAR ini tidak hanya menyiapkan kader yang tangguh secara fisik namun tangguh pula secara intelektual serta membangun kepekaan sosial terlebih lagi di tengah pandemi covid-19.” Tegasnya.

Pelaksanaan kegiatan DIKLATSAR akan berlangsung selama 5 hari, bekerja sama dengan KODIM 1802 Sorong selaku pembina dan pelatih dalam giat pendidikan dan latihan dasar KOKAM.

Berbagai materi dan keahlian yang diberikan kepada para personil  beraneka ragam mulai dari materi sejarah KOKAM, AIK, Bela Negara, SAR dan Kebencanaan, Lalu Lintas, Fisik, Bela Diri, Survival, PPGD, PBB hingan TUM.

Baca Juga

Materi dan berbagai keahlian ini kemudian akan menjadi bekal para personil KOKAM yang baru bergabung dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai anggota KOKAM Kota Sorong pasca pelaksanaan DIKLATSAR tersebut.

Ketua Panitia DIKLATSAR, Muhammad Duwi Prayoga mengatakan “para personil baru yang mengikuti kegiatan pendidikan dan latihan dasar ini berjumlah 15 orang dan dari latar belakang profesi seperti dosen, mahasiswa, pegawai swasta dan umum.” Ungkapnya.

“Kegiatan DIKLATSAR pada hari pertama dilaksanakan di Kampus Universitas Muhammadiyah Sorong selebihnya di Markas KODIM 1802. Harapan kami adalah dengan adanya personil-personil baru yang tergabung dalam KOKAM Kota Sorong akan lebih memperkuat lagi barisan serta perjuangan layaknya burung pipit yang begitu tangguh, bijaksana dan komitmen.” Tutupnya

Dalam Peraturan dan Pedoman, Kokam adalah satuan program pembinaan dan pengembangan sumber daya kader Pemuda Muhammadiyah di bidang pelayanan bantuan kemanusiaan, kebencanaan dan ekologi. Tugas Kokam ini kemudian dinamakan trilogi pelayanan Kokam. ***