Puasa untuk Kesehatan? Tetap pada Niat Awal untuk Ibadah

Puasa untuk Kesehatan? Tetap pada Niat Awal untuk Ibadah
Puasa untuk Kesehatan? Tetap pada Niat Awal untuk Ibadah

Terkini.id, Sorong – Puasa disyariatkan, secara khusus perintah termaktub dalam Albaqarah. Ini menjadi dasar diwajibkannya puasa.Selanjutnya, tidak saja dengan dasar Alquran itu. Begitu pula dilengkapi dengan hadis, baik berupa maklumat maupun contoh langsung dari baginda Rasulullah.

Puasa, juga menjadi bagian dalam proses terapi. Sebagaimana sebelum pengobatan, ataupun juga operasi, pasien diminta untuk berpuasa sebelumnya sehingga ini menjadi pemenuhan proses pengobatan.

Dalam menjelaskan kewajiban puasa, ditambahkan pula riset-riset yang memberikan maklumat betapa puasa merupakan instrumen yang untuk kesehatan.

Diantaranya adalah pembahasan autophagy. Dimana ketika puasa dapat terjadi regenerasi sel. Dengan catatan bahwa semasa berbuka puasa, tidak lagi makan berlebihan.

Begitu pula dengan puasa memberikan kesempatan kepada organ vital manusia seperti ginjal, dapat beristirahat, setelah berbulan-bulan harus bekerja untuk memproses makanan.

Menarik untuk Anda:

Tim peneliti Osaka University, Jepang mengemukakan bahwa dengan puasa pada hari ketujuh akan memberikan stimulus bagi individu yang berpuasa untuk menaikkan sel darah putih yang berkorelasi kepada kekebalan tubuh.

Tambahan informasi lainnya, Baylor College of Medicine, Texas, Amerika Serikat mengemukakan bahwa dengan berpuasa akan memberikan pencegahan bagi wujudnya kanker.

Dengan puasa secara terjadwal dalam sebulan, dapat pula mencegah obesitas, diabetes, dan sindrom metabolik.

Ini diantara temuan-temuan sains terkait dengan puasa.

Terlepas dari itu semua, sejatinya puasa adalah kewajiban. Ada rahasia-rahasia yang dikandung dalam penetapan kewajiban.

Ketika melaksanakan puasa, maka tentu bukan dengan alasan soal kesehatan tadi. Semuanya karena penghambaan diri kepada Yang Kuasa.

Hanya dengan niatan tulus bahwa itu merupakan tuntunan hukum agama, sudah lebih cukup. Soal kesehatan? Itu merupakan bonus dari ketaatan beribadah. Sebuah tindakan dijadikan sebuah ritual mengandung maksud, dan hikmahnya biarlah menjadi rahasia Ilahi.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Reaktulisasi Ubudiyah Dalam Proses Transformasi Masyarakat

Zakat, Instrumen Sosial Ekonomi

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar