Adakah Malam Lailatul Qadr?

Adakah Malam Lailatul Qadr? (www.shutterstock.com)
Adakah Malam Lailatul Qadr?

Terkini.id, Sorong – Ini janji Alquran, malam lailatul qadr merupakan malam yang lebih baik dari seribu. Dimana malam yang juga diturunkannya Alquran.

Maka, bolehjadi jikalau senantiasa berpegang teguh pada pesan-pesan yang termaktub dalam Alquran, maka hidup seorang hamba akan sampai pada kebaikan seribu bulan.

Begitu pula dengan naungan para malaikat yang menjadi jalan untuk mendapatkan keselamatan.

Dalam hadis dinyatakan bahwa orang yang keluar dari rumahnya menuntut ilmu pengetahuan, itu juga akan mendapatkan naungan malaikat.

Jikalau menilik pada naungan malaikat, maka ada potensi orang-orang yang menuntut ilmu juga menjadi bagian yang akan mendapatkan kemuliaan dengan seribu bulan.

Menarik untuk Anda:

Walau tak disebut sebagai lailatul qadr tetapi dengan menjadi bagian dari penuntut ilmu pengetahuan, maka akan memberikan tempat yang mahmudah (terpuji).

Sebagai sebuah misteri ilahi, maka lailatul qadr adalah peristiwa yang transenden, atau bisajuga menjadi pengalaman ruhaniah.

Ketika itu didapatkan, maka akan membekas menjadi pengalaman yang khas dan membekas seumur hidup bagi penerimanya.

Ini dicirikan dengan kebaikan yang terus terproduksi bagi orang yang menikmati malam lailatul qadr.

Saya diceritakan oleh sahabat, bahwa pendiri Darul Dakwah wal Irsyad (DDI), organisasi kemasyarakatan yang berawal dari Mangkoso, Sulawesi Selatan allahuyarham AGH Ambo Dalle merupakan salah satu penerima lailatul qadr.

Mendengarkan itu, saya langsung mengiyakan. Betapa sekalipun beliau telah wafat, kemanfaatan DDI bagi masyarakat luas dalam bentuk pendidikan, dakwah, dan amal kemasyarakatan dinikmati secara luas.

Para pejuang muslim yang mendirikan bangsa kita, juga orang-orang yang telah mendapatkan lailatul qadr.

Mereka mengorbankan harta, dan bahkan nyawanya untuk menegakkan kemerdekaan. Tanpa pernah memikirkan honor apa yang akan diterima.

Pada mereka, sudah terpatri jiwa syuhada. Bahkan sudah mendalami kematian, Ketika nyawa bagi terkandung dalam badan.

Ketika wujud pertanyaan “adakah malam lailatul qadr”, saya tidak bisa menjawabnya. 

Hanya saja, jikalau itu terkait dengan kebaikan. Kita dengan mudah dapat menyaksikan betapa banyak orang senantiasa berpikir untuk melakukan kebaikan. 

Apa yang telah mereka lakukan, dapat kita nikmati sampai kini. Maka, bolehjadi pada merekalah kemuliaan malam itu telah dilimpahkan.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Reaktulisasi Ubudiyah Dalam Proses Transformasi Masyarakat

Zakat, Instrumen Sosial Ekonomi

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar