Ramadhan yang Akan Berlalu

Ramadhan yang Akan berlalu (www.shutterstock.com)
Ramadhan yang Akan berlalu

Terkini.id, Sorong – Kita menantikannya setahun. Di masa itu, kerinduan yang menyelimuti selalu.

Begitu datang, mendapatkan kembali Ramadhan. Maka, kegembiraan yang menjadi penukar kerinduan yang sudah didekap berbulan-bulan.

Ramadhan kali ini, bulan yang semakin terasa khas. Dimana bukan lagi hanya sekadar menahan lapar dan dahaga, juga harus menahan diri untuk tidak berkumpul.

Padahal, warna-warni Ramadhan selalu saja dengan buka puasa bersama. Setelahnya, tarwih keliling. Begitupun juga dengan sahur on the road. Berbagi makanan sahur untuk warga yang djimpai dalam perjalanan.

Untuk sementara semuanya belum berlangsung. Buka puasa bersama tetap berlangsung. Hanya saja, di rumah masing-masing dengan hantaran dari remaja masjid yang mengkoordinir makanan berbuka.

Menarik untuk Anda:

Tarwih juga sudah mulai, namun dengan kapasitas yang terbatas di masjid. Penguruspun melakukan adaptasi. Di masjid Raodah, kota Sorong, dilengkapi dengan streaming ke media sosial.

Bagi yang belum bisa keluar rumah untuk tarwih, tetap dapat menyimak ceramah tarwih dan juga pengajian yang berlangsung selama bulan Ramadhan. Diantaranya ada ceramah shubuh. Juga ceramah menjelang berbuka puasa.

Ramadhan kali ini juga menjadi kesempatan untuk melakukan adaptasi. Masjid dan kita jamaah masjid bersama-sama menanggulangi penyebaran wabah.

Hanya saja, tetap dengan berupaya untuk melaksanakan ibadah. Dimana dalam beberapa ubudiyah selama ini dilaksanakan secara berjamaah.

Begitu masjid untuk sementara tidak dapat digunakan dalam kapasitas sepenuhnya, maka ada saja suasana yang hilang.

Begitulah juga ketika Ramadhan kembali berlalu. Kalaulah ini Ramadhan terakhir, kita sudah memastikan bahwa ini Ramadhan terbaik yang pernah kita jalani.

Ramadhan selalu dinanti, hanya saja begitu kita mendekapnya. Waktu segera berlalu begitu saja sehingga kerinduan Kembali menyelimuti menanti kedatangannya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Reaktulisasi Ubudiyah Dalam Proses Transformasi Masyarakat

Zakat, Instrumen Sosial Ekonomi

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar