Puasa dan Zakat, di Antara Pilar Ketaqwaan Berorientasi Amal Saleh
Komentar

Puasa dan Zakat, di Antara Pilar Ketaqwaan Berorientasi Amal Saleh

Komentar

Terkini.id, Sorong – Apa yang menjadi outcome sebuah ubudiyah? Wujudnya amal saleh yang menjadi kesempatan untuk transformasi sosial.

Puasa dan zakat yang menjadi kinerja selama Ramadhan ini, sejatinya mengantar kepada ketaqwaan.

Dengan semakin banyaknya individu yang bertaqwa, maka akan didapatkan kumpulan orang per orang yang pada akhirnya membentuk masyarakat yang beramal saleh.

Dimana sebuah kondisi ketaqwaan tidak akan terlepas dari amal saleh. Alquran memesankan bahwa dalam setiap taqwa ada ikutan lain yaitu amal saleh. 

Dalam taqwa itu bersarang sebuah keyakinan yang kita sebut dengan iman. Tanpanya, maka hanya akan menjadi kesia-siaan semata.

Baca Juga

Hanya saja, ini perlu dicatat sejak awal bahwa kemenangan ataupun kegemilangan tidak dapat dilepaskan dari keilmuan. Makna yang dapat dilihat dalam Almujadalah (58) ayat 11 bahwa berilmu merupakan sebuah prasyarat. 

Tidak saja dengan beriman sebagai sebuah langkah. Tetapi langkah ini perlu dibarengi dengan keilmuan. Bahwa apa yang diimani itu sesungguhnya sebuah tahapan yang benar adanya. Jangan sampai justru beranjak ke arah yang keliru.

Pada posisi inilah yang menjadi penting untuk melihat keberadaan keilmuan dalam semua aktivitas keberagamaan.

Kita juga dapat melihat bahwa sebelum Adam diutus sebagai khalifah di muka bumi, dibekali dengan pengetahuan. Dikenalkan nama-nama benda (Albaqarah (2): 31).

Adanya iman sudah menjadi iktikad baik. Hanya saja perlu keberadaan ilmu untuk menjadikan iktikad baik itu dipahami dan dilaksanakan dengan kondisi syariat.

Sementara sebuah perbuatan yang tidak dilandasi dengan iman, akan mendorong kepada tindakan celaka.

Sehingga ini menjadi pesan para alim bahwa barang siapa yang bertambah ilmunya namun tidak bertambah hidayahnya, tidak akan bertambah apa-apa dan justru semakin jauh dari hidayah-Nya.

Akhirnya, puasa, zakat, dan segala bentuk ubudiyah lainnya, diharapkan akan mengantar kepada amal saleh yang akan berdampak dalam transformasi sosial kemasyarakatan.