Kapan Lebaran?, Bisa Diperhatikan Ini
Komentar

Kapan Lebaran?, Bisa Diperhatikan Ini

Komentar

Terkini.id, Sorong – Untuk jadwal lebaran idulfitri 1442 H, dapat memperhatikan sidang isbat yang akan dilaksanakan Kementerian Agama RI, 11 Mei 2021.

Sementara itu, Pimpinan Pusat Muhammadiyah merilis maklumat dengan nomor 01/MLM/I.0/E/2021 tentang penetapan hasil hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1442 Hijriah.

Dalam maklumat tersebut, Muhammadiyah menyatakan bahwa 1 Syawal 1442 H akan jatuh pada 13 Mei 2021.

Tidak saja itu, Muhammadiyah juga sudah merilis jadwal untuk iduladha 1442 H.

Penetapan ini sepenuhnya mengacu kepada metode hisab yang digunakan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid. Sehingga dengan penggunaan metode tersebut, Pimpinan Pusat Muhammadiyah menerbitkan maklumat untuk menjadipedoman bagi warga persyarukatan Muhammadiyah.

Baca Juga

Adapun Kementerian Agama RI melalui Bimas Islam akan melaksanakan untuk sidang isbat akan dilaksanakan dalam rangka penetapan idulfitri 1442 H.

Dalam kondisi pagebluk covid-19 ini, pelaksanaan sidang isbat dilaksanakan dengan hybrid, onsite dan online.

Secara terbatas, akan ada undangan untuk hadir di lokasi sidang yang bertempat di kantor Kementerian Agama RI. Sementara masyarakat tetap dapat mengikuti pelaksanaan sidang melalui daring.

Disiarkan dalam kanal YouTube Kementerian Agama RI, dan juga media lainnya.

Adapun pelaksanaan idulfitri sendiri sudah disosialisasikan Kementerian Agama. Untuk daerah-daerah yang masih dalam status zona kuning, apalagi yang merah, dianjurkan untuk melaksanakan salat idulfitri di rumah masing-masing.

Jikalau daerah sudah berstatus hijau, perlu mendapatkan panduan dari satgas dan koordinasi dengan pihak terkait.

Idulfitri kali kedua dalam suasana wabah. Sekaligus menjadi kesempatan untuk melakukan perbaikan sarana ibadah agar sesuai dengan protokol kesehatan. Begitu pula dengan menyediakan ventilasi yang memadai di setiap masjid.