Sambut Tahun Pelajaran Baru 2021-2022, SMP Yapis Manokwari Adakan Kegiatan MPLS secara Daring

Terkini.id, Sorong – Sebagai agenda rutinas tahunan menjelang tahun pelajaran baru, SMP Yapis Manokwari mengadakan kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) secara daring mulai dari hari Kamis 08 Juli 2021 hingga penutupan hari ini Sabtu 10 Juli 2021.

Pelaksanaan kegiatan MPLS secara daring tahun ini merupakan kegiatan MPLS tahun kedua yang dilakukan secara daring (dalam jaringan) semasa wabah Covid-19 melanda.

Sebanyak lebih kurang 102 calon peserta didik baru mengikuti kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah melalui aplikasi zoom meeting berbayar.

Baca Juga: Selamat! Rektor IAIN Sorong Terima 2 Penghargaan dari KPPN Sorong

Naharuddin, S.H., S.Pd., M.Pd. selaku Kepala Sekolah dalam sesi penutupan kegiatan MPLS tadi mengatakan bahwa “kegiatan MPLS ini merupakan salah satu bentuk upaya sekolah dalam memberikan bekal bagi calon peserta didik baru SMP Yapis Manokwari agar siap menyambut tahun pelajaran baru, sekolah/lingkungan baru dan kebiasaan baru terutama ketika pelaksanaan kegiatan belajar nantinya yang mungkin akan berbeda dari jenjang sekolah dasar sebelumnya.” ungkapnya.

Beliaupun menambahkan pula bahwa “SMP Yapis Manokwari merupakan sekolah pertama di Kabupaten Manokwari bahkan Papua Barat yang lebih dahulu melakukan kegiatan MPLS dan memulai tahun pelajaran 2021 senin depan (13 Juli 2021).” tambahnya.

Baca Juga: Optimalisasi Perkuliahan Semester Genap, Fakultas Syariah dan Dakwah IAIN Sorong...

Hal tersebut tentunya sebagai upaya untuk menjadikan SMP Yapis tetap terdepan, siap dan bersemangat dalam mencerdaskan tunas bangsa bagaimanapun kondisinya baik dalam keadaan pandemi maupun normal seperti biasanya.

Kesiapan SMP Yapis Manokwari dalam melakukan pembelajaran daring semasa pandemi tidak dapat diragukan lagi. Tidak tanggung-tanggung setiap bulannya selama tahun pelajaran lalu mengeluarkan biaya untuk menyewa 3 akun zoom meeting berkapasitas 300 partisipan sebagai fasilitas tatap muka guru dan peserta didik setiap harinya secara online.

Walau tidak tatap muka secara offline, Guru pengampu mata pelajaran, peserta didik, wali kelas, petugas absen maupun petugas zoom meeting setiap hari berinteraksi melalui zoom meeting mulai dari jam 07.30 hingga jam 10.00 dan terpantau langsung oleh kepala sekolah. Adapun pemberian tugas dilakukan dengan menggunakan aplikasi google classroom.

Baca Juga: Optimalisasi Perkuliahan Semester Genap, Fakultas Syariah dan Dakwah IAIN Sorong...

Kegiatan MPLS secara daring di SMP Yapis Manokwari tahun 2021 ini menyajikan materi dan pemateri yang tidak kalah luar biasanya dengan kegiatan MPLS tahun sebelumnya. Di samping diisi oleh guru juga mengundang para pemateri dari LPPOM MUI Papua Barat, Polres Manokwari, Kodim 1803 Manokwari, BNN Papua Barat, Satgas Covid-19 dan Balai POM.

Selaku Ketua Panitia PPDB Tahun 2021, Gimin Asidik, S.Pd. mengucapkan banyak terimakasih atas kerjasama, kekompakan dan semangat seluruh dewan guru serta keaktifan calon peserta didik baru SMP Yapis Manokwari sehingga pelaksanaan kegiatan MPLS selama tiga hari hingga penutupan dapat berjalan dengan baik dan lancar. ***

Bagikan