Silaturahmi dan Deklarasi IPSS Kota Sorong, Bahar Canno: IPSS Bukan Matahari Kembar KKSS

Terkini.id, Sorong – Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan Kota Sorong secara resmi membentuk Badan Pengurus Daerah Ikatan Pemuda Sulawesi Selatan (BPD-IPSS) Kota Sorong. Bertempat di Sekretariat KKSS, beralamat jalan Sudirman, Kelurahan Malawei, Kecamatan Sorong Manoi. Minggu 19 September 2021.

Kegiatan silaturahmi yang dirangkaikan dengan deklarasi pembentukan BPD IPSS Kota Sorong ini dihadiri oleh para Sesepuh KKSS, Pengurus KKSS, para Anggota Legislatif Kota Sorong asal Sulawesi Selatan, sebagian pilar dan para ketua titik simpul pemuda Sulawesi Selatan yang tersebar di  45 titik basis massa warga Sulawesi Selatan pun ikut meramaikan kegiatan deklarasi tersebut.

Pelaksanaan kegiatan silaturahmi dan deklarasi ini pula telah memilih dan menunjuk saudara Irianto H. Malang sebagai Ketua BPD IPSS Kota Sorong dengan masa bakti 2021-2025 sebagaimana yang tertuang di dalam surat keputusan yang dikeluarkan oleh BPD KKSS Kota Sorong yang ditandatangani oleh Ketua KKSS, Bapak H. M. Syamsuddin Djohan, S.H. beserta Sekretarisnya, Bapak Syarifuddin, S.E.

Baca Juga: Alfiqry Amir: Kami Tegaskan LPMT Bukan ‘Matahari Kembar’ IPSS Kota...

Di dalam surat keputusan tersebut, saudara Irianto H. Malang diberikan tugas dan wewenang penuh untuk membentuk dan menyusun komposisi susunan pengurus BPD IPSS Kota Sorong selambat-lambatnya 30 hari setelah keluarnya surat keputusan sebagai Ketua BPD IPSS Kota Sorong.

Baharuddin Canno, S.H. dalam sambutannya mengatakan bahwa kehadiran IPSS di Kota Sorong tidak akan pernah menjadi Matahari Kembar dari induknya yakni KKSS. Bahkan secara tegas dirinya mengatakan bahwa IPSS tidak akan memecah belah KKSS namun sebaliknya akan selalu bersinergi dan beriringan.   

Baca Juga: Sharing Rancangan Program Kerja, IPSS Temui Rektor IAIN Sorong

Ketika dijumpai oleh team SorongTerkini.id, Baharuddin Canno mengatakan bahwa kegiatan silaturahmi dan deklarasi yang dilakukan hari ini menjadi bukti bahwa kekuatan pemuda Sulawesi Selatan yang tersebar mulai dari Saoka hingga KM.18 adalah kekuatan yang tidak dapat dipandang sebelah mata dan semuanya mendukung penuh serta siap sedia dan selalu mengikuti komando Tim Formatur begitu pula sebagian pilar-pilar yang hadir pada hari ini.

Dirinya pun menambahkan bahwa program-program yang akan dijalankan oleh IPSS setidaknya selama satu periode ini akan lebih mengarah kepada pemberdayaan potensi warga Sulawesi Selatan yang tersebar di Kota Sorong.

M. Syamsuddin Djohan, S.H. selaku Ketua BPD KKSS Kota Sorong dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam tataran sosial keorganisasian, KKSS adalah orangtua dari IPSS sehingga di dalam situasi tertentu KKSS dapat mengintervensi IPSS jika dianggap perlu untuk dilakukan. Begitupula sebaiknya, ketika IPSS membutuhkan nasehat dan masukan maka kami KKSS siap membantu memberikan nasehat dan masukan.

Baca Juga: Sharing Rancangan Program Kerja, IPSS Temui Rektor IAIN Sorong

Ketua KKSS Kota Sorong pun menambahkan bahwa kehadiran IPSS diharapkan dapat ikut berkontribusi membantu kegiatan KKSS baik dalam bidang sosial kemasyarakatan, sosial politik, kamtibmas. Harapnya pula, IPSS mampu bersinergi dengan organisasi lainnya serta mendukung program pemerintah.

Di lain tempat, Dr.(cnd) Ruslan Rasid, S.Pd.I., M.Pd. selaku Caretaker Ketua BPD IPSS Kabupaten Sorong mengatakan kepada team SorongTerkini.id bahwa dirinya sangat kagum sekaligus bangga di mana dirinya adalah bagian dari Tim Formatur Pembentukan BPD IPSS Kota Sorong.

“Saya pribadi sangat bangga terhadap berbagai apa yang telah dicapai oleh rekan-rekan Tim Formatur IPSS Kota Sorong selama ini. Sebelum saya mendapatkan amanah sebagai Caretaker Ketua IPSS Kabupaten Sorong. Saya pun merupakan anggota tim formatur tersebut. Masih terasa segar ingatan ini akan kerja-kerja formatur yang tiada kenal lelah siang maupun malam mengunjungi simpul-simpul pemuda di berbagai titik bahkan saya selalu pulang ke rumah hingga dini hari.” Curhatnya.

“Kerja-kerja yang dilakukan oleh Tim Formatur yang dibentuk oleh BPD KKSS Kota Sorong tersebut saya dapat katakan kerja yang “irasional” atau dalam bahasa Ketua Tim Formatur “kerja-kerja gila”. Namun siapa yang menyangka bahwa kerja-kerja gila tersebut mampu mempersatukan hati warga Sulawesi Selatan di Kota Sorong di berbagai titik-titik simpul yang telah tercerai berai oleh ambisi dan kepentingan segelintir orang. Alhasil kerja “irasional” itu telah melahirkan kekuatan yang luar biasa dan bagi saya itu adalah amanah besar yang harus dijaga oleh Ketua IPSS yang terpilih karena tidak mudah menyatukan hati warga Sul-Sel di garis bawah.” Ungkapnya.

“Goncangan, hasutan dan propoganda tersebar di berbagai media sosial maupun lainnya yang mengarah kepada Tim Formatur semenjak terbentuknya itu kemudian tidak melemahkan semangat team bahkan dijadikan sebagai kekuatan untuk lebih memperkokoh barisan dan langkah-langkah formatur dan hasilnya dapat kita lihat kemarin di Gedung Sekretariat BPD KKSS Kota Sorong itu.” Tambahnya.

“Selama saya ikut di dalam kerja-kerja Tim Formatur, saya sangat salut juga dengan Kakanda Ir. H. Chaidar Asrat di tengah kesibukannya yang super padat. Beliau senantiasa menyempatkan diri untuk bergabung dalam pertemuan-pertemuan tim formatur. Persepsi saya mungkin hal tersebut beliau menyadari bahwa pengawalan IPSS ini merupakan wewenangnya selaku Wakil Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga).” Tutupnya.

Silaturahmi dan Deklarasi BPD IPSS Kota Sorong berjalan dengan penuh semangat yang menggelora, penuh kekeluargaan dan diakhiri dengan sesi foto bersama antara Tim Formatur dengan para sesepuh dan pengurus dan pilar KKSS Kota Sorong begitupula para ketua titik simpul. *

Kontributor: Riska

Bagikan