Semarak Pembangunan Masjid di Kota Sorong
Komentar

Semarak Pembangunan Masjid di Kota Sorong

Komentar

Terkini.id, Sorong – Sebagai keperluan ibadah, walau di tengah pandemic, umat Islam secara khusus menaruk perhatian pada pembangunan masjid.

Tidak saja masjid agung Al-Akbar, tetapi saat ini masjid-masjid yang tersebar di Kota Sorong sementara dalam pembangunan. Sorong Terkini, memantau pembangunan masjid, Selasa, 26 Oktober 2021.

Masjid agung merupakan masjid terbesar yang terletak di tengah kota. Seiring dengan pengembangan unit usaha, masjid Al-Akbar juga mengelola Al-Akbar Covention Centre.

Digunakan sebagai Gedung serbaguna oleh pelbagai kalangan. Baik aktivitas kekeluargaan, maupun kegiatan keorganisasian lainnya.

Lokasinya yang berdampingan dengan masjid agung dan dengan fasilitas parkir yang bisa menampung ratusan kendaraan menjadikan ACC sebagai salah satu pilihan favorit warga kota Sorong.

Baca Juga

Demikian pula biaya yang perlu dikeluarkan terjangkau pelbagai kalangan. Sehingga ACC selalu saja menjadi pilihan untuk melaksanakan aktivitas yang memerlukan ruangan dalam skala besar.

Di daerah Malanu, BKM masjid At-Taubah sementara merenovasi. 

Sementara ini, masjid At-Taubah sudah selesai dengan bangunan utama dan juga Kawasan parkir.

Adapun pembangunan yang sementara dikerjakan adalah pada bangunan untuk ruangan rumah singgah muballigh, perpustakaan, dan kantor.

Semuanya ini berada di sisi barat masjid. Dimana juga terdapat sekolah TK/RA.

Di samping itu, masjid At-Taubah juga menyiapkan ruangan kantor bagi remaja masjid. Mereka tidak hanya aktif dalam membangun soliditas di kalangan remaja, tetapi juga memakmurkan masjid.

Termasuk dalam kegiatan amaliyah Ramadhan yang semarak, karena adanya keterlibatan remaja masjid. Untuk itu, dengan menyediakan ruangan untuk aktivitas mereka akan menjadi bagian dalam mengupayakan kemakmuran masjid.

Begitu pula, dengan masjid kampus IAIN Sorong. Sudah dilaksanakan peletakan batu pertama. Sementara ini, terus dibangun dengan target untuk ditempati salat berjamaah.

Dalam rangka penggalangan dana, telah dilaksanakan bazar yang disertai oleh BKM se-kota Sorong. Ini menjadi tambahan pendanaan dalam rangka mewujudkan masjid yang tidak hanya sebagai tempat salat, tetapi juga menjadi laboratorium dakwah bagi mahasiswa dan dosen.