Pembangunan Pasar Thumburuni di Fak-Fak Habiskan Anggaran APBN 104 Miliar
Komentar

Pembangunan Pasar Thumburuni di Fak-Fak Habiskan Anggaran APBN 104 Miliar

Komentar

Terkini.id, Sorong – Pemerintah mewujudkan pembangunan Pasar Thumburuni dengan skema Multi Years Contract (MYC) di Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat diperkirakan habiskan Anggaran APBN T.A. 2021-2023 sebanyak 104 Miliar.

Dimulainya pengerjaan Pasar Thumburuni ditandai dengan kegiatan ground breaking pada pekan lalu dan ditargetkan rampung dalam 570 hari pengerjaan.

Sebagaimana yang dilansir oleh Kompas.com, Pasar Thumburuni adalah pasar pertama di Pulau Papua yang mengimplementasikan prinsip Bangunan Gedung Hijau (BGH) dengan penerapan Building Information Modelling (BIM.

“Harapan kami, penerapan prinsip bangunan gedung hijau bukan hanya dalam tahap perencanaan, tetapi juga pelaksanaan, serta operasi dan pemeliharaan,” ujar Dorektur Prasarana Strategis Essy Asiah, dilansir dari laman resmi Kementerian PUPR, Sabtu 19 Februari 2022.

Pembangunan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Bupati Fakfak terkait permohonan pembangunan kembali Pasar Thumburuni yang terbakar akibat bencana kerusuhan sosial tahun 2019 lalu.

Tujuannya adalah untuk mengembalikan fungsi pasar sebagai prasarana perdagangan sekaligus perekonomian rakyat serta menjadi bangunan yang aman, nyaman, bersih, tertata dan lebih baik.