Kolaborasi Perguruan Tinggi dalam Pengabdian Masyarakat Berbasis Riset, Universitas Muhammadiyah Sorong Bekerjasama dengan STIA Abdul Haris

Terkini.id, Sorong – Mengakhiri rangkaian Southeast Asia Academic Forum on Sustainable Development (SEA-AFSID) 2022, ditandai dengan kegiatan penanaman pohon bakau di kawasan hutan mangrove, Desa Ampekale, Bontoa, Maros, Minggu, 31 Juli 2022.

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah Malang, H. Kamaluddin, SS., MM. bersama dengan empat belas perguruan tinggi lainnya dari Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara.

H. Kamaluddin menyatakan bahwa Universitas Muhammadiyah Sorong senantiasa menjalin kerjasama dengan pelbagai pihak, dan juga berkolaborasi dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi, baik skala regional, nasional, dan juga internasional.

Baca Juga: Perguruan Tinggi Papua Bergabung Dalam Konsorsium Perguruan Tinggi Bersama Dewan...

Tuan rumah khusus untuk acara penanaman pohon bakau, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muslim Maros, Fitrawahyudi, S.Pd., M.Hum, yang juga dekan FKIP menyampaikan dalam sambutan awal bahwa kegiatan ini menjadi ajang kolaborasi sekaligus melibatkan mahasiswa dalam pelaksanaan kegiatan.

Dalam kesempatan tersebut, Universitas Muhammadiyah Sorong mulai menjalin kerjasama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Abdul Haris, Makassar. Perguruan tinggi yang mengusung nama tokoh pendidikan Abdul Haris. Seorang warga kota Makassar yang peduli dan juga senantiasa memperhatikan pendidikan, diantaranya pendidikan tinggi.

Baca Juga: STIH Biak dan STIE Port Numbay Jayapura Bersama SEAAM Sukses...

Sebelumnya, mahasiswa jurusan kehutanan telah melaksanakan kegiatan serupa dengan penanaman 100 pohon.

Sementara dalam kegiatan yang dilaksanakan bersama perguruan tinggi ini, menanam 600 pohon. 100 pohon diantaranya merupakan sumbangan dari Tentara Nasional Indonesia yang juga turut hadir dalam penanaman pohon kabau tersebut.

Sementara itu, turut berpartisipasi Karang Taruna Bontoa yang juga menjadi panitia pelaksana dalam rangkaian acara yang berlangsung selama sembilan hari sejak 23 Juli 2022.

Baca Juga: STIH Biak dan STIE Port Numbay Jayapura Bersama SEAAM Sukses...

Karang Taruna Kecamatan Bontoa, Maros turut melaksanakan kegiatan diantaranya Workshop Kewirausahaan Pemuda, dan juga Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan dengan mengundang dua narasumber dari Universitas islam Negeri Alauddin Makassar.

SEA-AFSID telah terlaksana sejak 2017 dengan pelaksanaan pertama kali 2017 di Jambi dengan tuan rumah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

Sementara tahun lalu (2021) dilaksanakan di Sinjai, dengan rangkaian acara yang dilaksanakan Universitas Muhammadiyah Sinjai.    

Bagikan