Mahasiswa Pascasarjana IAIN Sorong Sertai ICISA 2021
Komentar

Mahasiswa Pascasarjana IAIN Sorong Sertai ICISA 2021

Komentar

Terkini.id, Sorong – Pengurus Nasional Majelis Sinergi Kalam (MASIKA) Ikatan Cendikiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) bersama Dewan Mahasiswa Fakultas Ushuluddin Filsafat dan Politik melaksanakan International Conference India and Southeast Asia ICISA 2021, Sabtu, 27 Maret 2021.

Demikian disampaikan Muammar dalam kesempatan evaluasi pelaksanaan kegiatan, Minggu, 4 April 2021. Dalam kesempatan tersebut berpartisipasi juga mahasiswa pascasarjana IAIN Sorong.

Mengangkat tema  “Common Prospects and Challenges” ini melibatkan setidaknya 12 Universitas dan lembaga pendidikan. Para peserta berasal dari India dan Asia Tenggara. Sebelumnya para peserta telah mengirim abstrak sebagai syarat untuk mengikuti Conference ini.

Ada 12 Keynote dan 50 peserta yang terdaftar dari beberapa negara dan kampus di Indonesia. Adapun jumlah partisipan yang mendaftar mencapai 497 peserta. 

Pelaksanaan Conference diselenggarakan secara virtual dengan dua sesi parallel, masing masing dengan panel sampai 5 pararel. 

Baca Juga

Muammar, selaku ketua Dewan Mahasiswa Fakultas Ushuluddin Filsafat dan Politik menyebutkan bahwa kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan yang menjadi kolaborasi antara Dema Fak Ushuluddin UIN Alauddin dengan Pengurus Nasional MASIKA ICMI dalam pelaksanaan konferensi internasional.

“Saya mendapatkan pengalaman dalam kegiatan ini, meskipun dilaksanakan secara virtual akan tetapi tetap kami punya portofolio untuk menyelenggarakan kegiatan semacam Konferensi ini,” ujar Muammar yang juga sebelumnya pengurus UKM Koperasi Mahasiswa Sultan Alauddin.

DEMA Fakultas Ushuluddin Filsafat dan Politik sendiri mengirim perwakilan atas nama Kurnia sebagai Kepala Bidang Litbang DEMA untuk terlibat dalam kegiatan itu. Guna mempresentasikan hasil penelitian yang selama ini dilakukan. 

Pengurus Nasional MASIKA ICMI, selaku co-chair menyampaikan bahwa kegiatan ICISA sekaligus menjadi ikhtiar menyemai tunas cendekia, sejalan dengan program MASIKA ICMI.

Dalam rilis yang diterima Sorong Terkini dinyatakan bahwa ini menjadi kesempatan untuk memberikan peluang berkarya bagi mahasiswa. Mereka bisa presentasi dengan menggunakan bahasa kebangsaan, Indonesia.